BAHASA PEMASARAN DAN STRATEGI EKONOMI BAGI PENERIMA PROGRAM JATM PUSPA PROVINSI JAWA TIMUR DI DESA PADAS KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Cendriono, Nanang, Ardiana, Titin Eka, Desriyanto, Eka and Pratama, Ita Yogi (2022) BAHASA PEMASARAN DAN STRATEGI EKONOMI BAGI PENERIMA PROGRAM JATM PUSPA PROVINSI JAWA TIMUR DI DESA PADAS KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2). ISSN 2808-5590

[img] Text
4. CP Bahasa pemasaran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://stietrisnanegara.ac.id/jurnal/index.php/PE...

Abstract

Kemiskinan masih manjadi permasalahan serius bagi bangsa ini. Kemiskinan jika tidak segera ditanggulangi maka tentu saja akan memberikan dampak yang lebih serius pada bangsa ini. Pengabdian ini difokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemulihkan ekonomi dampak wabah Covid-19.Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat penerima Desa Padas khususnya pada pemberdayaan kepala rumah tangga yang mendapat bantuan Program Jatim Puspa Provinsi Jawa Timur. Bantuan ini dimaksudkan untuk pengembangan Usaha Ekonomi Produktif sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi bahwa KPM Desa Padas yang sudah dibentuk, sampai saat ini masih belum menunjukkan dampak perubahan dan hasil yang signifikan, utamanya dalam meningkatkan kemandirian ekonomi, terutama pada masa pandemi covid-19 ini. Kepala rumah tangga hanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari saja dan belum menunjukkan kemandirian ekonomi keluarga. Metode pelaksanaan pada pengabdian ini fokus pada dua aspek yang meliputi aspek manajemen sumber daya manusia,aspek produksi dan aspek pemasaran. Metode yang akan digunakan adalah melalui pendampingan KPM. KPM merupakan strategi yang dijalankan dalam menciptakan kemandirian ekonomi keluarga.Melalui kegiatan pendampingan KPM ini capaian yang ditargetkan antara lain: 1) Peningkatan kemandirian ekonomi keluarga yang dapat dilihat dari peningkatan omset usaha, 2) Meningkatkan keterampilan dalam mengelola usaha yang tepat dimasa pandemi covid 19, 3) Meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan keuangan, 4) Meningkatkan keterampilan dalam mengelola informasi dengan bahasa pemasaran yang berbasis teknologi dan manual 5) Meningkatkan jaringan usaha melalui komunitas usaha dengan bahasa pemasaran yang tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Pemasaran, Jatim Puspa, Kemiskinan, Kpm, Kreatif
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:19
Last Modified: 01 Aug 2023 04:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item