Persepsi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru)

Rahmawati, Ida Yeni, Sulistiyo, Andik Wahyu and Cendriono, Nanang (2023) Persepsi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru). In: Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapkan generasi Indonesia emas 2045.

[img] Text
10. cp Persepsi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/...

Abstract

Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan sebuah keniscayaan. Guru dalam pelaksanaan kurikulum ini adalah sebagai fasilitator dalam menjalankan roda kurikulum merdeka di dalam kelas. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum ini berasal dari pemahaman guru terhadap tahapan pelaksanaan kurikulum merdeka dengan baik dan benar serta kreativitas guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan tentang persepsi guru yakni mahasiswa pendidikan profesi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap kurikulum merdeka. Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan, hasilnya ialah persepsi guru studi kasus mahasiswa pendidikan profesi guru ini pada awalnya masih lemah, rata-rata menganggap bahwa kurikulum merdeka ini sulit untuk diimplementasikan. Guru juga masih belum paham terkait dengan pedagogi genre, problem based learning, maupun project based learning. Kesimpulannya bahwa pemahaman yang baik terhadap tahapan pelaksanaan kurikulum merdeka diikuti dengan pemahaman pembelajaran berdiferensiasi, pemahaman dalam peningkatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi yang baik pula maka akan terwujudunya implementasi kurikulum merdeka yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional, guna membentuk generasi emas berkarakter unggul.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru; Mahasiswa PPG; Kurikulum Merdeka; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:23
Last Modified: 03 Aug 2023 06:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item