PENGARUH SELF EFFICACY, PRESSURE, RELIGIUSITAS DAN RATIONALIZATION TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK ( Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Wulandari, tri (2023) PENGARUH SELF EFFICACY, PRESSURE, RELIGIUSITAS DAN RATIONALIZATION TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK ( Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (270kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (457kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Draft Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH SELF EFFICACY, PRESSURE, RELIGIUSITAS DAN RATIONALIZATION TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK Tri Wulandari 19441683 Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Kecurangan merupakan segala macam cara yang dipilih seorang individu untuk memperoleh keuntungan dari pihak lain dengan melakukan perbuatan yang salah. Kecurangan di Indonesia tidak hanya terjadi dalam sebuah organisasi perusahaan saja, bahkan dalam dunia pendidikan banyak terjadi kasus kecurangan atau disebut kecurangan akademik. Kasus kecurangan akademik pada perguruan tinggi berupa menyontek, membuat catatan kecil serta menyalin pekerjaan teman. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruinya meliputi self efficacy, pressure, religiusitas dan rationalization. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh self efficacy, pressure, religiusitas dan rationalization terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner. Pengambilan data dengan kuisioner dibagikan secara daring menggunakan google form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang telah lulus mata kuliah akuntansi keperilakuan dan pengauditan 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas uji t dan uji F. Alat analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu self efficacy, religiusitas dan rationalization secara parsial berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Uiversitas Muhammadiyah Ponorogo. Sedangkan pressure secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Hasil penelitian ini dapat menjadi peluang riset selanjutnya dengan menambahkan variabel-variabel lain yang dapat mempengarui perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa. Kata Kunci : Self Efficacy, Pressure, Religiusitas, Rationalization, Perilaku Kecurangan Akademik

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Pressure, Religiusitas, Rationalization, Perilaku Kecurangan Akademik
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:09
Last Modified: 07 Aug 2023 04:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

View Item View Item