APLIKASI PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION

Hidayat, Ryan Fahrul (2023) APLIKASI PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (259kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
9. NASKAH FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada sistem pendidikan Indonesia, mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sudah mulai diajarkan dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Pada mata pelajaran PJOK di jenjang SD sendiri terdapat materi tentang permainan bola besar dan bola kecil yang mulai diajarkan untuk kelas 5. Dari hasil studi kasus penulis, di SDN 3 Paringan Kec. Jenangan ditemukan beberapa permasalah disaat proses belajar-mengajar PJOK. Pertama, sekolah tidak memiliki infrastruktur yang memadai guna untuk melaksanakan permainan bola tersebut, Kedua, proses pembelajaran lebih sering menggunakan buku pegangan yaitu Lembar Kompetensi Siswa (LKS) untuk bahan ajar pembelajaran di ruang kelas. Saat ini, terdapat teknologi yang berkembang secara pesat dan sering kali dijadikan sebagai media pembelajaran yaitu Augmented Reality (AR). Berdasarkan pembahasan dan pengujian, dari pembuatan “Aplikasi Pembelajaran PJOK Berbasis Augmanted Reality Menggunakan Algoritma Fast Corner Detection”, aplikasi ini teruji mampu melakukan pendeteksian marker dan memunculkan objek 3D dari sudut dan jarak normal (60°, 25 Cm) dalam waktu kurang dari 1 detik dan dalam beberapa kondisi (jarak, pencahayaan, kemiringan sudut) tertentu kurang dari 2 detik. Aplikasi ini juga mampu melakukan pendeteksian dalam pencahayaan indoor (15 – 20 LUX) dan outdoor (1755 – 1803 LUX). Hasil kuisioner kepada pengguna aplikasi menunjukkan hasil yang positif saat diujikan dengan rata-rata mendapatkan penilaian diatas 88,1%. Kata Kunci: Augmanted Reality, Fast Corner Detection, PJOK

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmanted Reality, Fast Corner Detection, PJOK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:50
Last Modified: 10 Aug 2023 03:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item