PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2017-2021

Firly, Hayyin Aziza (2023) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2017-2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (172kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 perusahaan pada sub sektor food and beverage yang memiliki laporan keuangan periode tahun 2017-2021. Dengan menggunakan teknik random sampling di dapatkan jumlah sampel sebanyak 50 sampel. Data Penelitian ini kemudian diproses dan di analisis menggunakan Regresi Linear Berganda dengan menggunakan Program SPSS. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa current ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan laba lebih banyak disebabkan pada faktor-faktor lain seperti penjualan yang meningkat, pengendalian biaya yang efektif serta manajemen risiko yang baik. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa total assets turnover tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hal ini karena prioritas perusahaan dalam menggunakan asetnya bukan untuk tujuan penjualan, melainkan untuk menjamin hutangnya, sebagaimana yang terlihat dari data yang menunjukkan hutang perusahaan sampel yang rata-rata meningkat. Hasil pengujian pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini karena nilai debt to equity ratio rendah maka biaya hutang beserta bunga yang harus di bayar perusahaan juga rendah sehingga mengakibatkan perusahaan dapat memiliki laba yang tinggi dan berpengaruh pada pertumbuhan laba. Hasil pengujian pada hipotesis keempat menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan return on asset maka akan meningkatkan terjadinya aktivitas pertumbuhan laba, return on asset yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan berusaha memanfaatkan seluruh asetnya untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan sehingga pertumbuhan laba juga ikut meningkat. Hasil pengujian hipotesis simultan menunjukkan bahwa current ratio, total assets turnover, debt to equity ratio dan return on assets secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan laba dengan tingkat determinasi sebesar 66,2%. Kata Kunci: Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Pertumbuhan Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Pertumbuhan Laba
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:17
Last Modified: 14 Aug 2023 07:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11870

Actions (login required)

View Item View Item