Ariyanto, Devan (2023) PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA MANAJEMEN ORDER PEMASANGAN JARINGAN INTERNET WILAYAH TELKOM MADIUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (336kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
9. Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Telkom Madiun merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai penyedia jasa pemasangan jaringan internet di wilayah Madiun. Sebagai perusahaan penyedia jasa pemasangan jaringan internet, maka pendapatan terbesar yang didapat perusahaan dari pelanggan, sehingga sangat diperlukan perhatian khusus diunit operasional. Salah satu permasalahan yang dihadapi Telkom Madiun adalah belum teraturnya pengelolaan rute setiap order pemasangan yang diterima oleh teknisi, sehingga mengakibatkan adanya keterlambatan pemasangan jaringan internet dilokasi pelanggan. Saat ini pada unit operasional belum adanya aplikasi yang dapat digunakan untuk menentukan rute terpendek dari pesanan jaringan internet yang akan dilakukan pemasangan. Selain itu kurangnya pengetahuan teknisi terhadap wilayah tempatnya bekerja, juga menjadi salah satu masalah yang dihadapi unit teknisi dikarenakan adanya beberapa teknisi yang berasal dari luar kota Madiun. Hal ini mengakibatkan kurang efektifnya pencarian rute lokasi pelanggan yang akan dikerjakan, bahkan mempengaruhi bertambahnya waktu tempuh teknisi, jarak yang akan dilalui dan bertambahnya biaya bahan bakar yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti merancang sistem manajemen order pemasangan jaringan internet berbasis website dengan menerapkan Algoritma Dijkstra sebagai metode perhitungan untuk menentukan rute terpendek dari pesanan yang berstatus ready, serta dapat membantu teknisi dalam pencarian lokasi pelanggan. Hasil yang akan didapat dari penerapan Algoritma Dijkstra ini adalah memberikan informasi jarak, waktu, visualisasi rute setiap pelanggan dan urutan pelanggan yang akan dikerjakan. Adapun pengujian dari Algoritma Dijkstra didapatkan pembagian order ke 3 tim unit teknisi dengan 7 titik pelanggan yaitu teknisi A mendapatkan order C→B dengan jarak 5.1 km, teknisi B mendapatkan order G→H dengan jarak 8 km dan teknisi C mendapatkan order D→E→F dengan jarak 21.2 km. Kemudian pengujian system usability scale (SUS) dari 10 responden mendapatkan hasil rata-rata nilai 80 dengan kriteria good, grade scale C dan acceptability range acceptable. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu admin dan teknisi untuk memudahkan mengelola order dan memudahkan teknisi dalam mencari lokasi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Manajemen, Internet, Algoritma Dijkstra, Rute Terpendek |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:09 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 04:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12009 |
Actions (login required)
View Item |