PENGARUH AUDIT TENURE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI (Studi kasus pada Perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi)

Widyawati, Eva (2023) PENGARUH AUDIT TENURE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI (Studi kasus pada Perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
img20230822_11580829.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI Eva halaman awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI Eva BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI Eva BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI Eva BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI Eva BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI Eva BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI Eva DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Lampiran)
SKRIPSI Eva LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dewasa ini seemakin banyak perusahaan Go Public yang bermunculan di Indonesia, hal ini diikuti dengan meningkatnya permintaan atas laporan audit yang berkualitas. Untuk menjadi yang terdepan di tengah persaingan yang ketat maka seorang akuntan harus memiliki sikap dan pengalaman yang independen, profesional, dan berpengalaman untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Kualitas audit merupakan suatu indikator yang penting bagi seorang auditor dalam menjalankan tugasnya. Uintuik meilaksanakan tuigasnya yang meinuintuit tangguing jawab yang seimakin luias maka auiditor eiksteirnal haruis meimiliki wawasan yang luias meingeinai kompleiksitas organisasi modeirn. Teirdapat beibeirapa faktor yang dapat meimpeingaruihi kuialitas auidit yang meilipuiti auidit teinuirei, uikuiran peiruisahaan dan komitei auidit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Audit Tenure,Ukuran Perusahaan, dan Komite Audit secara parsial maupun simultan terhadap Kualitas Audit. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi. Sampel yang digunakan adalah peiruisahaan seiktor induistri barang konsuimsi yang teirdaftar di Buirsa Eifeik Indoneisia tahuin 2020-2022 dan yang meinyajikan laporan keiuiangan beirtuiruit-tuiruit dan meimiliki data teirkait deingan variabeil yang akan diguinakan dalam peineilitian ini. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Audit Tenure (X1) tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan Ukuran Perusahaan (X2) dan Komite Audit (X3) berpengaruh terhadap kualitas audit. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel Audit Tenure (X1), Ukuran Perusahaan (X2) dan Komite Audit (X3) berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif, uji hipotesis dan analisis regresi logostik. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, meskipun audit tenurenya lama tetapi audit yang dihasikan tetap berkualitaskan yang dilakukan oleh KAP Big Four. Ukuran perusahaan dan komite audit secara parsial berpengaruh terhadap kualitas audit, perusahaan yang ukurannya besar akan meingguinakan jasa dari KAP yang beisar juiga untuk hasil audit yang baik dan perusahaan yang ukurannya kecil akan terfokus pada peningkatan labanya sehingga hanya menggunakan jasa dari KAP ¬Non-Big Four. Komitei auidit yang berjumlah 3 atau lebih akan meimbantui dalam peingawasan yang leibih eifeiktif seihingga kualitas dari hasil audit akan tetap terjaga atau ada peningkatan. Sedangkan secara simultan audit tenure,ukuran perusahaan dan komite audit berpengaruh secara bersama-sama terhadap kualitas audit. Kata Kunci : Kualitas Audit, Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, Komite Audit

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Audit, Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, Komite Audit
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:06
Last Modified: 22 Aug 2023 06:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item