NURVIANA, LUVITA (2015) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAM DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Nurviana, Luvita. 2015. 11321447. “Kemampuan Komunikasi matemati siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif”. Program study Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Erika Eka Santi, M. Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang menerapkan metode menghafal rumus untuk belajar matematika, padahal tujuan pembelajaran matematika yaitu siswa mampu mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram dan media lainnya untuk memperjelas keadaan atau masalah. Pemecahan masalah merupakan metode yang tepat untuk mempelajari dan mengerjakan matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independen dan field dependen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A MTs Negeri Lembeyan yang terdiri dari tiga siswa yang mempunyai gaya kognitif field independen dan tiga siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependen. Penentuan subjek dilakukan dengan dengan menggunakan tes GEFT. Kemudian subjek tersebut diberikan tes komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil GEFT (group embedden figure test) di kelas IX-A menunjukkan dari 21 siswa terdapat 7 siswa yang mempunyai gaya kognitif field independen dan 14 siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependen. Sedangkan hasil dari tes komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa subjek FI maupun FD mampu memahami gagasan matematis yang disajikan dalam tulisan maupun lisan baik berupa gambar, maupun strategi untuk menyelesaikan masalah, namun pada indikator menggunakan pendekatan bahasa matematika subjek FI lebih mampu dibandingkan subjek FD, pada indikator ketiga subjek FI lebih mampu menggunakan rumus dari pada subjek FD, Subjek FI lebih mampu dalam mengubah dan menafsirkan informasi matematis dalam representasi matematis yang berbeda dari pada subjek FD. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pemecah
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 02:45 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 01:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1206 |
Actions (login required)
View Item |