PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMPN 1 BANDAR PACITAN

SUNARTI, SUNARTI (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMPN 1 BANDAR PACITAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V & DAFTAR PUSTKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Belajar matematika menuntut kita untuk berpikir secara kritis dan kreatif sehingga dapat membantu peserta didik dalam pengembangan nalar, berpikir logis, sistematik, dan bersikap obyektif serta terbuka dalam menghadapi berbagai permasalahan. aktivitas siswa yang menyimpang dari tujuan awal ketika proses belajar berlangsung akan menyebabkan rendahnya prestasi siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa yang menyimpang diantaranya ramai pada saat KBM berlangsung, tidak adanya respon dari materi yang disajikan oleh Guru dan malas berfikir, tidak mau mencatat penjelasan dari guru yang dianggap penting, tidak mau bertanya saat ada materi yang belum dimengerti, tidak memperhatikan pada saat Guru menjelaskanya. dan masih banyak aktivitas lainnya yang kurang terarah saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 1 Bandar Pacitan. 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMPN 1 Bandar Pacitan melalui strategi pembelajaran Think Talk Write. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing masing siklus terdiri dari tahap perencana, tindakan, pengamatan dan refleksi strategi yang di gunakan adalah strategi Think Talk Write. Yang bertempatan di kelas VIIIB SMPN 1 Bandar Pacitan hal yang di teliti dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan mengunakan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP N 1 Bandar Pacitan tahun ajaran 2014/2015 yaitu pada siklus 1 di peroleh data prestasi belajar yang mencapai KKM 56,6% dengan nilai rata-rata 61,9 pada siklus I. Pada siklus 2 diperoleh nilai KKM sebesar 66,6% dengan nilai rata-rata 68,8%. Sedangkan pada siklus 3 diperoleh nilai KKM sebesar 96,6% dengan nilai rata-rata 79,6. Hasil yang di peroleh telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Kata Kunci: Prestasi,Belajar, Think-Talk-Write,Matematika,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 03:44
Last Modified: 29 Oct 2015 03:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item