MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAHFIDZUL QUR'AN di MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

Suswoyo, Nanang (2023) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU TAHFIDZUL QUR'AN di MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (79kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo adalah salah satu madrasah yang menerapkan pembelajaran tahfidzul Qur’an. Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri diperlukan guna mencapai tujuan yang telah direncanakan agar efektif dan efisien. Peningkatan kualitas juga akan berlangsung dengan baik jika di dalam lembaga menerapkan manajemen yang tepat. Manajemen mengandung empat fungsi yang harus diterapkan yaitu perencanaan, pengorganisasian, implementasi serta evaluasi. Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri menerapkan fungsi manajemen yang baik dalam programnya peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru tahfidzul Qur’an, bagaimana serta faktor pendukung dan penghambat dalam program peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Peneliti menggali informasi menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan memilih tempat di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo yang berlokasi di Bringin Kauman Ponorogo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitain ini yaitu : (1) manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan berupa perencanaan program peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an, pengorganisasian pembagian tugas pada program peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an, implementasi berupa pelaksanaan program peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an, serta evaluasi program peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an, (2) pelaksanaan program tahsin metode ummi untuk menuju manajemen peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an di madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo terlaksana secara rutin setiap minggu sekali yaitu pada hari Kamis pagi. Didalam peningkatan kualitas guru tahfidzul Qur’an tersebut disampaikan materi terkati pendalaman bacaan Al-Qur’an seperti makhroj, sifat-sifat huruf serta tajwid. kemudian kegiatan ini juga memperbarui metodologi pengajaran tahfidzul Qur’an dengan metode ummi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Kualitas Guru, Tahfidzul Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:35
Last Modified: 29 Aug 2023 03:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item