AYU EKASARI, NOVI (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI LOGARITMA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Materi logaritma merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh siswa. Nilai ulangan pada materi logaritma siswa kelas X SMA Negeri 1 Badegan tahun 2014/2015 masih dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah, yakni 70. Ini menunjukkan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan yang mengakibatkan siswa tersebut melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal-soal logarirma. Sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta faktor penyebab siswa melakukan kesalahan-kesalahan tersebut berdasarkan prosesur Newman. Jenis-jenis kesalahan menurut prosedur Newman meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan memproses dan kesalahan menarik kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode tes, wawancara dan audio recorder. Subjek penelitian diambil 7 dari 25 siswa kelas X2, yang terdiri atas perwakilan dari karakter 1, karakter 2, karakter 3 dan karakter 4. Pengkarakterisasian tersebut berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal materi logaritma, kemudian dipilih perwakilan siswa yang mempunyai komunikasi secara baik dari masing-masing karakter untuk dijadikan subjek penelitian. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal logaritma. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil identifikasi kesalahan menurut prosedur Newman pada masing-masing karakter menunjukkan bahwa terdapat 37,5% yang termasuk dalam karakter 1, 4,2% yang termasuk dalam karakter 2, 50% yang termasuk dalam karakter 3 dan 8,3% yang termasuk dalam karakter 4. Adapun penyebab kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman antara lain: 1) Kesalahan Membaca, penyebabnya adalah siswa kurang penguasaan bahasa sehingga menyebabkan siswa kurang paham maksud dari soal. 2) Kesalahan Pemahaman, penyebabnya adalah siswa tidak paham dengan materi logaritma yang terdapat dalam soal. 3) Kesalahan Transformasi, penyebabnya adalah lupa, kebiasaan siswa yang langsung membuat model matematika tanpa menuliskan keterangan dari model matematikanya, salah dalam menuliskan rumus, kebiasaan subjek mementingkan jawaban akhir daripada prosesnya serta subjek tidak menguasai materi. 4) Kesalahan Kemampuan Memproses, penyebabnya adalah siswa kurang memahami sifat logaritma, kebiasaan siswa putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam proses pengerjaan, kebingungan dalam menyelesaikan soal, lupa dalam melakukan proses operasi aljabar, ceroboh, kurang menguasai materi logaritma, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal serta kurang teliti. 5) kesalahan Menarik Kesimpulan, penyebabnya adalah lupa tidak menuliskan kesimpulan akhir atas penyelesaian soal. Kata kunci: Kelalahan siswa, Prosedur Newman, Logaritma, Penyebab kesalahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 04:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2015 04:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1214 |
Actions (login required)
View Item |