ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA MADIUN PADA TAHUN 2009-2021

Wahyuni, Tri (2023) ANALISIS PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA MADIUN PADA TAHUN 2009-2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (306kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan yang diperoleh daerah yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. PAD memiliki tujuan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mendanai kegiatannya sebagai bentuk pelaksanaan otonomi daerah sesuai dengan potensi daerah sebagai bentuk perwujudan atas desentralisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pajak dan retribusi daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Riset ini sebagai acuan mengenai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan Lain-lain Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sah. Dalam penelitian ini dibatasi dan terfokus dengan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu sektor penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah Kota Madiun pada tahun 2009-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pengelola Keuangaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Madiun yang beralamatkan di Jl. Semangka No.02 Kota Madiun. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif sekunder yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama, penerimaan pajak daerah berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun pada tahun 2009- 2021. Artinya pajak daerah turut menunjang peningkatan pendapatan asli daerah, sehingga semakin tinggi pajak daerah maka semakin meningkat pendapatan asli daerahnya. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa penerimaan retribusi daerah berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun pada tahun 2009-2021. Artinya retribusi daerah turut menunjang peningkatan pendapatan asli daerah, sehingga semakin tinggi retribusi daerah maka semakin meningkat pendapatan asli daerahnya. Secara simultan variabel penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun pada tahun 2009-2021. Artinya, setiap variabel tersebut merupakan hal yang sangat penting dan memiliki peran, fungsi dan tujuan masing-masing dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Madiun pada tahun 2009-2021. Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:14
Last Modified: 31 Aug 2023 05:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item