INTEGRASI MADRASAH DINIYAH KE SEKOLAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI SDN 01 POHIJO SAMPUNG PONOROGO)

Kuniawati, Anita (2023) INTEGRASI MADRASAH DINIYAH KE SEKOLAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI SDN 01 POHIJO SAMPUNG PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (FORM PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
form persetujuan unggah.pdf

Download (201kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (763kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Regrouping Sekolah Dasar yang terjadi di Ponorogo pada Tahun Ajaran Baru 2018/2019 menjadi fenomena dan kekhawatiran bagi Kepala Sekolah Dasar yang jumlah siswanya semakin tahun semakin menurun. Pada Tahun Ajaran Baru 2018/2019 tersebut, Dindik mencatat sejumlah 9 SD yang di regrouping dengan SD lainnya, ditambah 8 SD yang resmi ditutup pada Tahun Ajaran yang sama. Keputusan regrouping dan tutup ini masih berlanjut hingga tahun 2023 meskipun ada wacana akan dikaji ulang. Terlepas dari beberapa faktor tutup dan regrouping ada peran pendidikan keagamaan sebagai indikasi penguatan pendidikan karakter religius yang menjadi prioritas masyarakat saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk integrasi Madrasah Diniyah di SDN 01 Pohijo sebagai upaya peningkatan mutu sekolah sekaligus upaya mengatasi kekhawatiran regrouping, serta untuk mengetahui relevansi integrasi Madrasah Diniyah terhadap penguatan pendidikan karakter religius siswa di SDN 01 Pohijo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Madrasah Diniyah ke sekolah merupakan bentuk integrasi kelembagaan yang didukung dengan beberapa kegiatan penunjang. Integrasi ini dilakukan dengan memusatkan sistem pembelajaran dalam satu gedung yang sama dan mengintegrasikan seluruh komponen yang ada. Implikasi dari integrasi ini tidak hanya mampu meningkatkan mutu sekolah, melainkan juga menjadi program unggulan serta memiliki relevansi yang kuat terhadap penguatan pendidikan karakter khususnya karakter religius siswa di SDN 01 Pohijo. Karakter religius yang terbentuk meliputi: 1) siswa lebih mengedepankan “anggah-ungguh”, 2) siswa memiliki kesadaran untuk melaksanakan sholat tepat waktu, 3) siswa memiliki pemahaman studi keislaman yang baik dan mampu membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar, 4) siswa mampu membiasakan diri terhadap amaliyah nahdliyin sebagai organisasi masyarakat di desa Pohijo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Regrouping Sekolah Dasar, Integrasi Madrasah Diniyah, Karakter Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:44
Last Modified: 31 Aug 2023 06:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item