Kuniawati, Anita (2023) INTEGRASI MADRASAH DINIYAH KE SEKOLAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI SDN 01 POHIJO SAMPUNG PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (FORM PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
form persetujuan unggah.pdf Download (201kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (763kB) |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Regrouping Sekolah Dasar yang terjadi di Ponorogo pada Tahun Ajaran Baru 2018/2019 menjadi fenomena dan kekhawatiran bagi Kepala Sekolah Dasar yang jumlah siswanya semakin tahun semakin menurun. Pada Tahun Ajaran Baru 2018/2019 tersebut, Dindik mencatat sejumlah 9 SD yang di regrouping dengan SD lainnya, ditambah 8 SD yang resmi ditutup pada Tahun Ajaran yang sama. Keputusan regrouping dan tutup ini masih berlanjut hingga tahun 2023 meskipun ada wacana akan dikaji ulang. Terlepas dari beberapa faktor tutup dan regrouping ada peran pendidikan keagamaan sebagai indikasi penguatan pendidikan karakter religius yang menjadi prioritas masyarakat saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk integrasi Madrasah Diniyah di SDN 01 Pohijo sebagai upaya peningkatan mutu sekolah sekaligus upaya mengatasi kekhawatiran regrouping, serta untuk mengetahui relevansi integrasi Madrasah Diniyah terhadap penguatan pendidikan karakter religius siswa di SDN 01 Pohijo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Madrasah Diniyah ke sekolah merupakan bentuk integrasi kelembagaan yang didukung dengan beberapa kegiatan penunjang. Integrasi ini dilakukan dengan memusatkan sistem pembelajaran dalam satu gedung yang sama dan mengintegrasikan seluruh komponen yang ada. Implikasi dari integrasi ini tidak hanya mampu meningkatkan mutu sekolah, melainkan juga menjadi program unggulan serta memiliki relevansi yang kuat terhadap penguatan pendidikan karakter khususnya karakter religius siswa di SDN 01 Pohijo. Karakter religius yang terbentuk meliputi: 1) siswa lebih mengedepankan “anggah-ungguh”, 2) siswa memiliki kesadaran untuk melaksanakan sholat tepat waktu, 3) siswa memiliki pemahaman studi keislaman yang baik dan mampu membaca al-Qur‟an dengan baik dan benar, 4) siswa mampu membiasakan diri terhadap amaliyah nahdliyin sebagai organisasi masyarakat di desa Pohijo.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regrouping Sekolah Dasar, Integrasi Madrasah Diniyah, Karakter Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 06:44 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 06:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12206 |
Actions (login required)
View Item |