ANALISIS AKUNTABILITAS DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MASJID: PSAK NO. 45 TENTANG PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus Pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari-Tegalsari)

Fidyawati, Marcherrina (2023) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MASJID: PSAK NO. 45 TENTANG PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus Pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari-Tegalsari). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (537kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
A. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
B. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB II)
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
H. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Akuntabilitas dan Pengendalian Internal terhadap Pengelolaan Keuangan Msjid: PSAK No. 45 tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari-Tegalsari)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas dan pengendalian internal pengelolaan keuangan pada masjid. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan masjid menurut PSAK No. 45 pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari, 2) Bagaimana pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan masjid Ki Ageng Muhammad Besari. Fokus penelitian ini adalah akuntabilias dan pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan masjid pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari Tegalsari. Dari hasil penelitian data primer yang di ambil dari pengamatan langsung dari objek penelitian berupa wawancara dan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan Masjid Ki Ageng Muhammad Besari. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik trianggulasi yamh didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari Tegalsari dapat ditarik beberapa kesimpulan. 1) Laporan keuangan Masjid Ki Ageng Muhammad Besari belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Pencatatan laporan keuangan Masjid Ki Ageng Muhammad Besari Tegalsari masih secara konvesional yang dicatat di buku besar. 2) Implementasi pengendalian internal dalam sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada Masjid Ki Ageng Muhammad Besari Tegalsari belum seluruhnya sesuai dengan teori pengendalian internal. Kata Kunci: Akuntabilitas, Pengendalian Internal, Pelaporan Keuangan Masjid, Nirlaba, PSAK No. 45

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pengendalian Internal, Pelaporan Keuangan Masjid, Nirlaba, PSAK No. 45
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:16
Last Modified: 31 Aug 2023 08:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item