Megawati, Wahyu (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 ARJOSARI PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (263kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Prestasi belajar didapat dari hasil belajar yang mana berisi mengenai kemampuan yang berupa keterampilan dan perilaku yang baru sebagai akibat dari pengalaman dan latihan. Kegiatan belajar untuk mendapatkan prestasi tersebut tentu menggunakan suatu metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi peserta didik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan, salah satunya yaitu metode pembelajaran praktik. Penelitian skripsi ini bertujuan melihat apakah ada pengaruh metode pembelajaran praktik dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Arjosari Pacitan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kuantitatif dengan objek penelitian (responden) siswa SMPN 1 Arjosari Kelas VIII, dengan mengambil 45% dari populasi atau sejumlah 114 siswa sebagai sampel dari populasi sebanyak 252. Penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling dan memperoleh sumber informasi dengan cara penyebaran angket. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa hipotesis dengan jenis analisa koefisien determinasi. Adapun hasil yang didapat yaitu adanya pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran praktik (X) terhadap peningkatan prestasi belajar (Y) mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Arjosari Pacitan. Pengaruh tersebut sebesar 16,9%, sedangkan lainnya 83,1% dipengaruhi oleh metode pembelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran Praktik, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:58 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:58 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12309 |
Actions (login required)
View Item |