PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 ARJOSARI PACITAN

Megawati, Wahyu (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 ARJOSARI PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (263kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Prestasi belajar didapat dari hasil belajar yang mana berisi mengenai kemampuan yang berupa keterampilan dan perilaku yang baru sebagai akibat dari pengalaman dan latihan. Kegiatan belajar untuk mendapatkan prestasi tersebut tentu menggunakan suatu metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi peserta didik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan, salah satunya yaitu metode pembelajaran praktik. Penelitian skripsi ini bertujuan melihat apakah ada pengaruh metode pembelajaran praktik dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Arjosari Pacitan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kuantitatif dengan objek penelitian (responden) siswa SMPN 1 Arjosari Kelas VIII, dengan mengambil 45% dari populasi atau sejumlah 114 siswa sebagai sampel dari populasi sebanyak 252. Penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling dan memperoleh sumber informasi dengan cara penyebaran angket. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa hipotesis dengan jenis analisa koefisien determinasi. Adapun hasil yang didapat yaitu adanya pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran praktik (X) terhadap peningkatan prestasi belajar (Y) mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Arjosari Pacitan. Pengaruh tersebut sebesar 16,9%, sedangkan lainnya 83,1% dipengaruhi oleh metode pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran Praktik, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:58
Last Modified: 04 Sep 2023 04:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item