KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM PROSES REKRUTMEN PERANGKAT DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI MAGETAN NO. 48 TAHUN 2021 (Studi Kasus Di Desa Maron Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan)

Rahmawati, Aprilia Denisa (2023) KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM PROSES REKRUTMEN PERANGKAT DESA BERDASARKAN PERATURAN BUPATI MAGETAN NO. 48 TAHUN 2021 (Studi Kasus Di Desa Maron Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
9. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peraturan Bupati Kabupaten Magetan Nomor 48 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, adalah aturan yang digunakan oleh desa Maron dalam menyelenggarakan proses rekrutmen dan seleksi perangkat desa pada akhir Tahun 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan rekrutmen dan seleksi Perangkat Desa Maron apakah sudah sesuai dengan penerapan peraturan yang berlaku, serta faktor pendukung dan penghambat selama proses rekrutmen dan seleksi perangkat desa dilaksanakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Desa Maron Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan karena Desa Maron adalah satu-satunya desa di Kecamatan Karangrejo yang melaksanakan pengisian Perangkat Desa pada akhir Tahun 2022. Peneliti mendapatkan data dan informasi dari beberapa informan yakni Kepala Seksi Lembaga Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Desa Maron, Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa, Tim Penilai Pengisian Perangkat Desa, serta Peserta yang berpartisipasi mendaftar pengisian Perangkat Desa. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Pelaksanaan rekrutmen perangkat desa di Desa Maron dilakukan melalui seleksi dengan mekanisme sesuai yang tercantum pada Peraturan Bupati Magetan Nomor 48 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa di Kabupaten Magetan. Proses seleksi menghasilkan 2 orang peserta yang lolos yakni pada Formasi Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejahteraan dengan nilai kumulatif tertinggi untuk direkomendasikan pada Camat Karangrejo dan diangkat melalui Surat Keputusan Kepala Desa. Namun terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya yakni kurangnya fasilitas yang memadai selama pelaksanaan seleksi ujian praktik. Diharapakan untuk proses seleksi yang akan datang dapat menjadikan seleksi tahun 2022 ini menjadi tolak ukur proses seleksi selanjutnya. Kata Kunci: Kebijakan Pemerintah Desa, Rekrutmen, Perangkat Desa

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemerintah Desa, Rekrutmen, Perangkat Desa
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:27
Last Modified: 04 Sep 2023 04:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item