Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Alam Islamic Center Ponorogo

Septian, Lendra (2023) Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Alam Islamic Center Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA LENDRA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1_COVER & HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
2_BAB 1.pdf

Download (786kB)
[img] Text (BAB 2)
3_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
4_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
5_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
6_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
8_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
0_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Al-Qur'an adalah bagian penting dari proses pendidikan, karena fokusnya adalah mengubah perilaku, memperkuat kesadaran, dan memberdayakan individu. Orang tua memiliki hak untuk membimbing dan mendidik anak-anak mereka untuk menjadi individu yang baik, dan harus memberikan contoh moral yang baik dan memberikan bimbingan yang baik sehingga anak-anak mereka dapat tumbuh dengan baik. Untuk mendorong anak meraih kesuksesan dalam proses belajarnya, orang tua harus berpartisipasi aktif dalam membimbing anaknya saat belajar di rumah, terutama dalam proses menghafal Al Qur'an. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh partisipasi orang tua terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa MI Alam Islamic Center Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Alam Islamic Center Ponorogo yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada responden yang berjumlah 44 siswa dengan dua variable yaitu variable X dan variable Y. Variabel X memuat 15 butir pertanyaan dan variable Y memuat 12 butir pertanyaan. Berdasarkan berbagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, pengaruh partisipasi orang tua terhadap peningkatan kemampuan menghafal siswa di MI Alam Islamic Center Ponorogo menemukan variabel partisipasi orang tua memiliki koefisien regresi positif sebesar 0,398, artinya kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa MI Alam Islamic Center Ponorogo meningkat sebanding dengan frekuensi partisipasi orang tua. Nilai R-square (R2) sebesar 0,335 atau besar pengaruhnya 33,5% menunjukkan bahwa partisipasi orang tua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa di MI Alam Islamic Center Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:24
Last Modified: 04 Sep 2023 07:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12339

Actions (login required)

View Item View Item