Prasetyawati, Titik (2023) IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI MI MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (188kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (769kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (497kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Ice breaking merupakan opening pembelajaran zaman sekarang yang dapat membuat suasana kelas menyenangkan. Dengan adanya ice breaking siswa akan merasa betah didalam kelas. Ice Breaking merupakan salah satu rutinitas yang berhasil memecahkan kejenuhan, kebekuan dan ketakutan yang terjadi di dalam kelas. motivasi belajar dapat diartikan sebagai semangat siswa dalam kegiatan proses belajar. Salah satu bentuk agar siswa mempunyai motivasi dalam proses belajar yaitu dengan cara memberikan kegiatan yang menyenangkan dengan memberikan ice breaking. Tujuan penelitian ini yaitu; (1) mengetahui dan mendiskripsikan impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo. (2) Mengetahui dan mendiskripsikan strategi dalam impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo. (3) Mengetahui dan mendiskripsikan hasil impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif implementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu; (1) impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo menggunakan ice breaking yang diatur dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ice breaking inti pembelajaran digunakan ketika anak mengalami keletihan atau kebosanan dalam melakukan tugas belajar, ice breaking di akhir pembelajaran memiliki fungsi meningkatkan pemahaman ide pembelajaran yang baru saja dilakukan, Akhiri tindakan dengan penuh kegembiraan, memotivasi siswa untuk selalu senang dalam mengikuti pembelajaran berikutnya. (2) Strategi dalam dalam penerapan impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo yaitu melalui perencanaan, penerapan manfaatkan media visual, seperti gambar, poster, atau video pendek, untuk memperkaya pengalaman siswa dalam kegiatan ice breaking. pembelajaran, serta evaluasi. (3) Hasil impelementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Ponorogo membuat menjadi lebih semangat belajar, suasana hati senang menjadi belajar yang menyenangkan, anak-anak krasan dan tidak mudah bosan dalam belajar, motivasi belajar siswa meningkat terbukti pada hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:53 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12369 |
Actions (login required)
View Item |