MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK ) PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 BABADAN PONOROGOTAHUN PELAJARAN 2013/2014

AZIZAH, NENSI NUR (2014) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK ) PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 BABADAN PONOROGOTAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
COVER KATA PENGANTAR DAN PERANGKAT LAIN.pdf

Download (592kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Azizah,Nensi. Nur. 2014. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Visual Auditori Kinestetik Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo Tahun 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing : 1. Drs.Mahmud Isro’i, M.Pd 2. Yogi Prasetyo,S.Pd.,SH., MH. Kata Kunci : Keaktifan , Visual Auditori Kinestetik ( VAK ) Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan yang inovatif dan kreatif serta sesuai dengan perkembangan jaman, guru dituntut untuk dapat menguasai berbagai macam metode dan model pembelajaran sehingga bisa mengaplikasikan model pembelajaran yang aktif dan kreatif.Dalam observasi yang peneliti lakukan di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum tuntas dalam penguasaan materi yang diajarkan.Disamping itu pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga sebagian besar siswa kurang tertarik terhadap pelajaran tersebut sehingga mengakibatkan siswa tidak aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII C semester 2 SMP N 2 Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui implementasi model pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Visual, Auditorial, dan Kinestetik ( VAK). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi dengan pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes (tes performan) melalui pengamatan atau penilaian secara langsung pada siswa menggunakan lembar penilaian keaktifan belajar siswa dengan Indikator dalam keaktifan belajar siswa yang menjadi pengamatan antara lain, perhatian, aktif bertanya, pemberian respon dan penguasaan dan pemberian skor pada tiap indikator keaktifan belajar siswa disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam keaktifan belajar nya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 dan 22 Januari 2014.Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo dengan jumlah 21 siswa.Pokok bahasan yang digunakan adalah Sikap Positif Terhadap Perlindungan Dan Penegakkan HAM. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa baik kualitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 76 dan siklus II 83, 7 sedangkan keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 78 dan pada siklus II yaitu 83. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode Visual Auditori Kinestetik efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 05 Apr 2014 03:54
Last Modified: 05 Apr 2014 03:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item