kurniawati, okta silfi (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (123kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (623kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
OKTA SILFI KURNIAWATI: Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Badegan. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Kemampuan numerasi di Indonesia masih rendah, terutama kemampuan numerasi siswa SMA Negeri 1 Badegan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi memiliki urgensi yang sangat penting dalam kesejahteraan warga Negara saat ini, sehingga kemampuan numerasi harus dalam keadaan yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan type one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah kemampuan numerasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Badegan ponorogo semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen kelas X 2 sebanyak 35 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas nya metode pembelajaran problem solving dan variabel terikat nya kemampuan numerasi. Data penelitian ini diperoleh melalui tes uraian pada materi peluang. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t tipe paired sample t test untuk membandingkan hasil pretest dan posttest guna melihat apakah ada pengaruh atau tidak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai tes yang signifikan dari pretest ke posttest dimana menujukkan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa. Hasil uji analisis paired sample t test yaitu mendapatkan nilai signifikansi lebih dari alfa 0,05. Hal itu membuat keputusan H₀ ditolak, sehingga metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap kemampuan numerasi. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Problem Solving, Kemampuan Numerasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Problem Solving, Kemampuan Numerasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:23 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12445 |
Actions (login required)
View Item |