IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCA COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN)

'Azizah, Amalia Nur (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCA COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (443kB)
[img] Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf

Download (655kB)
[img] Text (Bab I)
3. Bab I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (Bab II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text (Bab III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text (Bab IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text (Bab V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
10. Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar secara daring diwajibkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran yang mulanya secara aktif dengan tatap muka diganti menjadi pembelajaran daring. Dari pembelajaran daring inilah, terjadi penurunan kemampuan pada aspek kognitif atau bisa disebut dengan learning loss terlebih learning loss ini banyak terjadi pada pembelajaran matematika pasca Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran drill dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran matematika pasca Covid-19 di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Mendeskripsikan hasil implementasi metode pembelajaran drill dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran matematika pasca Covid-19 di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembelajaran drill dalam mengatasi learning loss pada pembelajaran matematika pasca Covid-19 di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Untuk melakukan penelitian kualitatif, seseorang harus terlebih dahulu mengidentifikasi objek penelitian yang komprehensif dan rumit, dan kemudian menyampaikan hasil penelitian tersebut dalam bentuk narasi. Adapun subjek pada penelitian ini ialah kelas VA MI Muhammadiyah Kota Madiun yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling Hasil dari penelitian ini siswa menunjukkan peningkatan pada aspek kognitif dan hasil belajar dengan adanya penerapan metode pembelajaran drill pada pembelajaran matematika pasca Covid-19. Faktor pendukung dalam meningkatkan aspek kognitif siswa ialah keantusiasan siswa, bimbingan les di luar rumah, kesabaran guru, dan tutor sebaya. Adapun faktor penghambat siswa dalam meningkatkan aspek kognitif ialah malas berlatih di rumah, dan kesulitan dalam menghafal perkalian. Kesimpulan dari implementasi metode pembelajaran drill ini ialah adanya peningkatan secara signifikan dalam aspek kognitif siswa pada pembelajaran matematika pasca Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Learning loss, Metode drill, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:34
Last Modified: 08 Sep 2023 04:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item