PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK DISABILITAS DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK TUNANETRA TERPADU ‘AISYIYAH PONOROGO

FATMAWATI, YENI NUR (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK DISABILITAS DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK TUNANETRA TERPADU ‘AISYIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggahan karya skipsi.pdf

Download (132kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
mau di uploud edit(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fatmawai, Yeni. 2023, Pengembangan Model Pembelajaran bagi Anak Disabilitas Tunanetra di Lembaga Kesejahteraan Sosial Aanak Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Skripsi Program Strata Satu (S1) Prodi Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. H. Nurul Iman. Lc. M. HI. (II) Dr. Wahyudi Setiawan, M. Pd. I. Kata Kunci: Pengembangan model pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Disabilitas. Pengembangan model pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi anak disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo sangatlah penting diterpakan guna tercapainya tujuan dari sistem pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. (2) Mengetahui hasil Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun dalamTeknik analisis data penulis melalui beberapa proses yaitu proses reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo mengalami pengembangan yangmana dengan menggunakan model pembelajaran langsung, yang dulunya lebih dominan menggunakan media audio, dengan media audio ini memiliki keterbasan bagi tunanetra yaitu mereka hanya mendengar tanpa mengetahui huruf hijaiyah yang mereka baca dengan adanya perkembangan hadirnya media Al-Qur’an Braille mereka mampu merasakan serta mengetahui bentuk huruf hijaiyah yang mereka baca melalui indra perabanya. (2) Hasil Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo menunjukan hasil yang cukup segnifikan dengan adanya program ini mampu melahirkan generasi Qur’ani yang memiliki hafalan maupun prestasi dalam bidang Al-Qur’an. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat Pengembangan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Penyandang Disabilitas di LKSA Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo Faktor pendukung meliputi fasilitas pembelajaran yang memadai, seperti tersediannya media pembelajaran Al-Qur’an Braille yang memadai, adanya alat cetak Al-Qur’an Braille di lembaga tersebut, ruangan kelas yang nyaman serta ustad dan ustadzah yang memiliki kemampuan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang mumpuni , serta kekompakan elemen lembaga serta jadwal yang tersusun guna mendisiplinkan siswa. Faktor penghambat adalah terletak pada diri siswa yang kurang termotivasi dalam berangkat mengikuti pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Disabilitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:20
Last Modified: 11 Sep 2023 04:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item