STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR'AN MELALUI METODE WAFA BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPIT QURROTA A'YUN PONOROGO

Rahmawati, Viki (2023) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR'AN MELALUI METODE WAFA BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPIT QURROTA A'YUN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (230kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text (SKRIPSI FILL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metode wafa digunakan untuk siswa berkebutuhan khusus dan juga siswa normal dikarenakan dengan metode wafa yang pembawaanya mudah serta menyenangkan diharapkan siswa dapat memahami metode wafa dalam membaca Al-Qur’an dengan lebih mudah. Dengan penggunaan nada hijaz dalam pmetode wafa, hal tersebut akan memudahkan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an. Maka dari itu SMPIT Qurrota A’yun memilih metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui strategi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa bagi siswa berkebutuhan khusus di SMPIT Qurrota A’yun, Nologaten, Ponorogo. (2) Mengetahui bagaimana dampak strategi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa bagi siswa berkebutuhan khusus di SMPIT Qurrota A’yun, Nologaten, Ponorogo. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari strategi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa bagi siswa berkebutuhan khusus di SMPIT Qurrota A’yun, Nologaten, Ponorogo. Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Strategi yang digunakan dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa bagi anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan cara mentalaqqi dengan 3 tahapan, tahap pertama yaitu persiapan pembelajaran, tahap kedua yaitu persiapan, dan tahapan yang terakhir yaitu evaluasi. (2) Dampak positif dari hasil serangkaian tahapan persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, dan juga evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan oleh pengampu wafa bagi anak yang berkebutuhan khusus dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah secara lebih cepat, selain itu dapat membaca Al-Qur’an dengan makharijul huruf dengan tepat dan benar, dan mampu meningkatkan hafalan siswa. Sedangkan dampak negatif dari pembelajaran metode wafa bagi anak berkebutuhan khusus yaitsu minimnya guru yang bersertifikat wafa sehingga berpengaruh terhadap hasil pencapaian kemampuan siswa. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran Al-Qur’an melalui metode wafa bagi siswa yang berkebutuhan khusus di SMPIT Qurrota A’yun Ponorogo adalah niat dan do’a, dukungan dari orang tua, semangat dari diri sendiri, Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas, durasi pembelajaran metode wafa yang cenderung singkat serta tidak adanya guru pendamping khusus bagi siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:16
Last Modified: 08 Sep 2023 08:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item