SISTEM PREDIKSI STOK OBAT MENGUNAKAN ALGORITMA FUZZY METODE TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN OBAT (DI PUSKESMAS RONOWIJAYAN)

Idris, Idris (2023) SISTEM PREDIKSI STOK OBAT MENGUNAKAN ALGORITMA FUZZY METODE TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN OBAT (DI PUSKESMAS RONOWIJAYAN). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (245kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses pendataan obat dan alat kesehatan di Puskesmas Ronowijayan membutuhkan akurasi tinggi. Banyak item obat dan alat kesehatan di gudang farmasi memerlukan ketelitian tinggi dalam proses pencatatan. Setiap obat dan alat kesehatan harus terdata terperinci baik dari jumlah ketersedian, jumlah penggunaan dan waktu pembelian. Sehingga perlu dibuat sebuah sistem pendataan obat dan alat kesehatan yang sistematis dan akurat. Merancang dan membuat sistem prediksi stok obat menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto berbasis web sehingga memudahkan dalam mengawasi persediaan obat di Puskesmas Ronowijayan Siman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode Fazzy Tsukamoto. Operasi himpunan fuzzy diperlukan untuk proses inferensi atau penalaran. Dioperasikan adalah derajat keanggotaannya. Derajat keanggotaan sebagai hasil dari operasi dua buah himpunan fuzzy disebut strategi atau predikat. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan prediksi stok obat di Puskesmas Ronowijayan dengan menggunakan algoritma Fuzzy Tsukamoto. Stok obat yang tepat dan cukup merupakan salah satu faktor krusial dalam pelayanan kesehatan di puskesmas. Dengan menggunakan algoritma Fuzzy Tsukamoto, prediksi stok obat diharapkan dapat membantu staf Puskesmas dalam perencanaan dan pengambilan keputusan terkait pengadaan obat. Metode penelitian ini terdiri dari beberapa langkah. Dilakukan pengumpulan data historis mengenai stok obat pada periode sebelumnya di Puskesmas Ronowijayan. Data yang dikumpulkan mencakup informasi mengenai jenis obat, jumlah stok, dan variabel lingustik yang digunakan dalam algoritma Fuzzy Tsukamoto, seperti rendah dan tinggi. Selanjutnya, dilakukan tahap pra-pemrosesan data untuk mempersiapkan data yang akan digunakan dalam algoritma Fuzzy Tsukamoto. Hal ini mencakup normalisasi data dan pembentukan himpunan fuzzy untuk setiap variabel input dan output yang digunakan dalam algoritma. Setelah tahap pra-pemrosesan selesai, dilakukan implementasi algoritma Fuzzy Tsukamoto. Algoritma ini menggabungkan aturan fuzzy yang telah ditentukan berdasarkan pengetahuan ahli dan himpunan fuzzy yang telah dibentuk sebelumnya. Aturan fuzzy digunakan untuk menghubungkan variabel input, seperti permintaan obat dan tingkat persediaan obat, dengan variabel output, yaitu jumlah obat yang harus dipesan. Selanjutnya, dilakukan tahap validasi dan evaluasi prediksi. Data stok obat aktual pada periode terkini dibandingkan dengan hasil prediksi yang dihasilkan oleh algoritma Fuzzy Tsukamoto. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metrik evaluasi seperti akurasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Prediksi Stok Obat, Algoritma Fuzzy Tsukamoto di Puskesmas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:07
Last Modified: 12 Sep 2023 03:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item