ALAT PERMAINAN EDUKATIF DUBADU BOX

Safitri, Laila Ulfa Nu'an (2023) ALAT PERMAINAN EDUKATIF DUBADU BOX. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah_Laila Ulfa Nu'an Safitri.pdf

Download (508kB)
[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text (ISIAN DALAM)
Isian Dalam.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
ALAT PERMAINAN EDUKATIF DUBADU BOX.pdf

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] Text (SERTIFIKAT)
LAILA ALAT PERAGA sertifikat_EC00202353228.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laila Ulfa Nu’an Safitri 2023. Alat Permainan Edukatif DUBADU Box. Tugas Akhir. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Betty Yulia Wulansari, M.Pd., Pembimbing 2 Nurtina Irsad Rusdiani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk menciptakan APE DUBADU Box yang mempunyai banyak permainan dan dapat dimainkan di beberapa titik secara bersamaan 2. Untuk mengetahui hasil dari penciptaan APE DUBADU Box. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengembangan produk APE Kincir Smart, validasi produk APE, dan uji coba produk APE kepada anak usia dini. Melalui validasi produk APE dan uji coba kepada anak-anak, diharapkan dapat diketahui sejauh mana efektivitas dan daya tarik APE DUBADU Box dalam proses pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa APE DUBADU Box merupakan APE yang dibuat untuk menciptakan APE yang mempunyai banyak permainan sekaligus dapat dimainkan di beberapa titik secara bersamaan karena dapat dibongkar pasang, ada 5 permainan yang dapat dimainkan oleh anak yaitu 1. Karpet warna, anak dapat Menyusun papan warna sesuai dengan contoh 2. Kamarku, yaitu mencari bayangan dari pakaian 3. Jam Pintar, anak akan memutar spin waktu dan setelah memutar anak akan mengatur jam sesuai dengan hasil dari spin waktu 4. 5 Shapes, anak dapat mengelompokkan gambar sesuai dengan bentuk geometri 5. Dubadu Board, anak dapat mehusun abjad a-z dan juga bisa meniru tulisan yang bergambar. APE DUBADU Box dapat digunakan oleh maksimal 30 anak untuk pemakaian papan secara terpisah dan juga dapat dimainkan 15 anak ketika dijadikan kotak. Kelayakan APE DUBADU Box merupakan produk yang melalui penilaian ahli media, dan diuji cobakan kepada 15 anak TK PANCASILA Bungkuk. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan skor dengan kriteria sangat baik, sehingga secara keseluruhan produk hasil pengembangan APE DUBADU Box dikatakan layak untuk mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:33
Last Modified: 11 Sep 2023 04:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item