PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PURNAMASARI, YURDIANA IKA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_YURDIANA_IKA_PURNAMASARI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
Lembar Sampul Depan.pdf

Download (841kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Purnamasari, Yurdiana ika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Jetis Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kata Kunci: Pengaruh, Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), prestasi belajar siswa. Pembimbing: Drs. Jumadi, M.Pd. Peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memacu siswa untuk belajar mandiri, kreatif, aktif, dan daya saing yang sehat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Jetis tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 26 siswa kelas VII A dan 23 kelas VII B. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Jetis pada materi bentuk aljabar? (b) Apakah Respon siswa terhadap model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Jetis tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas. Sebelum perlakuan kedua kelas diuji apakah dalam keadaan sepadan atau tidak. Pelaksanaan kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data tentang prestasi diperoleh dari metode tes dan angket. metode tes instrumennya soal tes dan metode angket instrumennya angket. Setelah data tes terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Angket dianalisis menggunakan persentase. Berdasarkan analisis data yang mengunakan bantuan SPSS 15.0 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 47 diperoleh nilai Sig. = 0,0485. Karena Sig. kurang dari 0,05 ini menunjukkan Prestasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih dari siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. Dari persentase menjawab angket 85%, respon siswa pada umumnya setuju terhadap model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Apr 2014 04:02
Last Modified: 05 Apr 2014 04:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item