Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) Tahun 2021)

Muntiah, Nur Sayidatul, Tama, Riyan Abi and Wafirotin, Khusnatul Zulfa (2022) Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) Tahun 2021). ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5 (2). pp. 105-113. ISSN ISSN 2614-7246 (Online) ISSN 2614-5502 (Print)

[img] Text
5 cp_Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, dan Inklusi.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.umpo.ac.id/index.php/ASSET/article...

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, literasi keuangan, dan inklusi keuangan terhadap minat investasi pasar modal di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada komunitas Investor Saham Pemula) yang tergabung dalam channel telegram. Jumlah sampel penelitian berdasarkan rumus solvin ialah 100 sampel dari populasi sebanyak 12.769 responden (per November 2021). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling (quota) dan pengambilan data menggunakan item kuisioner dengan bantuan google forms. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis eksplanasi diketahui bahwa, pendapatan memberikan kontribusi positif, tetapi secara parsialtidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi pasar modal di masa pandemi covid-19. Literasi keuangan dan inklusi keuangan berkontribusi positif dan secara parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap minat investasi pasar modal di masa pandemi covid-19. Berdasarkan output uji F, diketahui bahwa pendapatan, literasi keuangan, dan inklusi keuangan berpengaruh secara simultan terhadap minat investasi pasar modal di masa pandemi covid-19. Selain itu, diketahui output nilai uji R square sebesar 0,576 atau 57,6% sehingga dapat di interpretasikan bahwa variabel pendapatan, literasi keuangan, dan inklusi keuangan dalam penelitian ini dapat menjelaskan dengan baik dan cukup terhadap minat investasi pasar modal di masa pendemi covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Literasi Keuangan Inklusi Keuangan Minat berinvestasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:27
Last Modified: 12 Sep 2023 01:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item