Maulana, Defri (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU PENGHUBUNG TERHADAP HAFALAN AL-QUR'AN SISWA DI MI TAHFIZH AL-FURQON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (171kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Maulana, Defri. 2023. Efektivitas Penggunaan Buku Penghubung Terhadap Hafalan Al-Qur’an Siswa di MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing; (1) Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I, (2) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Buku Penghubung, Hafalan Al-Qur’an. Media yang tepat menjadikan proses belajar mengajar dapat memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan harapan yang diinginkan guru maupun orang tua. Penggunaan media buku penghubung membutuhkan kerja sama yang selaras antara orang tua dan guru dalam rangka menjalanka program hafalan Al-Qur’an yang di tetapkan oleh sekolah. Penggunaan media buku penghubung merupakan salah satu sarana untuk monitoring, pembinaan, perbaikan serta peningkatan mutu hafalan Al-Qur’an bagi siswa-siswi di MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh buku penghubung terhadap hafalan Al-Qur’an siswa yang sudah berjalan selama 6 tahun di lembaga MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif dengan populasi 10 guru sebagai responden dan pengambilan data menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang sudah didapatkan yaitu menggunakan teknik anilisis regresi linear serta hasil analisis korelasi sebagai penguat untuk meningkatkan keeratan kedua variable x dan variable y. Hasil penelitian menjabarkan bahwa penggunaan buku penghubung mendapatkan nilai Sig sebesar 0,999 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku penghubung memiliki pengaruh terhadap hafalan Al-Qur’an siswa di MI Tahfiz Al-Furqan Ponorogo. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari nilai koefesien korelasi positif sebesar 0,824 yang bernilai positif artinya semakin efektif penggunaan buku penghubung maka dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di MI Tahfiz Al-Furqan Ponorogo. Selain itu nilai koefesien korelasi sebesar 0,824 juga menunjukkan tingkat keeratan hubungan yang sangat kuat antara efektifitas penggunaan buku penghubung dengan hafalan Al-Qur’an siswa di MI Tahfiz Al-Furqan Ponorogo. Maka Hα diterima dan Hο ditolak yang menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap hafalan Al-Qur’an di MI Tahfizh Al-Furqon Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Buku Penghubung, Hafalan Al-Qur’an. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 07:58 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:58 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12629 |
Actions (login required)
View Item |