PERAN PENGASUH SANTRI DAN MUDABBIR DALAM MENGAKTUALISASIKAN PENDIDIKAN HUMANIS DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI

Alan Setyawan, Iyan (2023) PERAN PENGASUH SANTRI DAN MUDABBIR DALAM MENGAKTUALISASIKAN PENDIDIKAN HUMANIS DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1 Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah_Iyan alan setyawan.pdf

Download (583kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
10 SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alan Setyawan,Iyan. Peran Mudabbir dan Pengasuh Santri dalam Mengaktualisasikan Pendidikan Humanis. Skirpsi Progam Studi S1 Pendidikan Agama Islam. (I) Pembimbing: Dr. Katni, M.Pd.I (II) Nurul Abidin, M.Ed. Kata Kunci: Pendidikan Humanis, Peran Pengasuh Santri, Peran Mudabbir Pendidikan humanis merupakan sebuah konsep bagaimana memanusikan manusia dalam proses pendidikan. Pada penilitian ini kata Humanis kami fokuskan kepada masalah kekerasan dalam sistem Pendidikan. Karena fenomena tersebut sangat bertolak belakang dengan konsep Humanisme. Akibat kasus kekerasan yang terjadi pada sebuah Institusi Pendidikan atau Pondok Pesantren, mengindikasikan bahwa kekrasan dalam pendidikan sudah tidak relevan pada Generasi Z saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pengasuh Santri dan Mudabbir dalam mengaktualisasikan pendidikan yang Humanis bagi Santri KMI Pondok Pesantren Fikri, Bringin, Kauman, Ponorogo. Untuk mengetahui hasil Peran Pengasuh Santri dan Mudabbir dalam mengaktualisasikan pendidikan yang Humanis bagi Santri tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini menemukan bahwa Peran Pengasuh Santri dan Mudabbir sebagai berikut : Memberikan Motivasi dan Membimbing kepada Santri tentang pendidikan yang Humanis, Pengasuh Santri mencontohkan sikap yang Humanisme dan menasehati Santri dengan memberikan hukuman yang mendidik, Memberikan pembelajaran terkait Pendidikan karakter dan pendidikan Humanis kepada Santri agar dapat disiplin dalam menjalankan kegiatan yang ada di Pondok. Hasil dari pengaktualisasian pendidikan yang Humanis di Pondok Pesantren Darul Fikri adalah : Menambah pengetahuan Mudabbir dan Santri dalam Pendidikan karakter dan Pendidikan Humanis, Menjadikan Santri Pondok Pesantren Darul Fikri berbudi pekerti yang baik dan berkarakter yang baik, Menjadikan Santri disiplin dalam menjalankan kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Darul Fikri. ABSTRACT Alan Setyawan, Iyan. The Role of Mudabbir and Mentors in Actualizing Humanistic Education. Thesis of Islamic Education Study Program, Bachelor of Arts. (I) Supervisor: Dr. Katni, M.Pd.I (II) Nurul Abidin, M.Ed. Keywords : Humanistic Education, Role of Mentors, Role of Mudabbir Humanistic education is a concept of humanizing individuals in the educational process. In this research, the term "Humanistic" is focused on the issue of violence within the education system. This phenomenon is in stark contrast to the concept of Humanism. The occurrence of violence in an educational institution or Islamic boarding school (Pondok Pesantren) indicates that violence in education is no longer relevant to the current Generation Z. The purpose of this research is to investigate the role of mentors (Pengasuh Santri) and Mudabbir in actualizing a humanistic education for the students of KMI Pondok Pesantren Fikri, Bringin, Kauman, Ponorogo. The study aims to discover the outcomes of the roles of mentors and Mudabbir in actualizing humanistic education for the students. This research uses a qualitative descriptive approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. Data analysis involves data reduction, data presentation, verification, and data inference. The findings of this study reveal that the roles of mentors and Mudabbir are as follows: providing motivation and guidance to the students regarding humanistic education, demonstrating humanistic attitudes, and advising the students with educative punishments. Additionally, they provide character education and humanistic education to the students, fostering discipline in their activities at the Islamic boarding school. The outcomes of actualizing humanistic education at Pondok Pesantren Darul Fikri are: enhancing the knowledge of Mudabbir and students in character education and humanistic education, cultivating good moral values and positive character among the students of Pondok Pesantren Darul Fikri, and instilling discipline in their activities at Pondok Pesantren Darul Fikri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Keywords : Humanistic Education, Role of Mentors, Role of Mudabbir Kata Kunci: Pendidikan Humanis, Peran Pengasuh Santri, Peran Mudabbir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:41
Last Modified: 13 Sep 2023 04:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item