Lestari, Dian (2023) Pengaruh Metode Permainan Hot Seat Terhadap Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Unggah Karya.pdf Download (69kB) |
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
3. Bab I.pdf Download (527kB) |
|
Text (Bab ii)
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
|
Text (Bab III)
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text (Bab IV)
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (609kB) |
|
Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Full Skripsi)
10. Skripsi Dian.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Dian. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Permaianan Hot Seat Terhadap Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FAI, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I, (2) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd. Daya ingat yang baik merupakan kebutuhan yang penting bagi siswa guna melakukan pembelajaran secara optimal. Supaya daya ingat siswa meningkat maka diperlukan metode yang menarik dan efektif dalam pembelajaran IPA seperti metode permainan Hot Seat, dari hal tersebut yang menjadi masalah dalam penelitian ini “adakah pengaruh metode permainan Hot Seat terhadap daya ingat siswa dalam pembelajaran IPA”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode permainan Hot Seat terhadap daya ingat siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriftif. Desain pada penelitian ini adalah quasy experimental design dengan bentuk desain pre-test-post-tes control group design. Populasi penelitian siswa V di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo, sedangkan sampelnya siswa kelas V Ghozali 23 siswa menggunakan metode Hot Seat dan kelas V Hanafi 25 siswa menggunakan metode konvensional. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, dan uji hipotesis (uji t). Analisis uji-t menggunakan selisih nilai antara nilai pre-test dan post-tes kedua kelas. Kelas yang menggunakan metode permainan Hot Seat memperoleh rata-rata 92,22 terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas menggunakann metode konvensional memiliki nilai rata-rata 80,84 dan dari analisis data akhir diperoleh thitung = 10,947 sedangkan ttabel = 1, 676. Karena thitung > ttabel maka signifikasi dan hipotesis dapat diteriman. Atau dengan kata lain ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode permainan Hot Seat terhadap daya ingat siswa dalam pembelajaran IPA di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Memory, Hot Seat Game Method, Science Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:02 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12643 |
Actions (login required)
View Item |