PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN LIPATAN BERTAHAP MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI DI RA PESANTREN SABILIL MUTTAQIN KROWE TAHUN AJARAN 2022/2023

Ramadhani, Desi Dwi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN LIPATAN BERTAHAP MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI DI RA PESANTREN SABILIL MUTTAQIN KROWE TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. surat pernyataan unggah karya ilmiah.pdf

Download (521kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman depan.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

latar belakang penelitian ini yaitu adaya masalah yang saya temukan di lembaga RA PSM Krowe. permasalahan yang saya temukan ada di kelompok A2. permasalahan tersebut yaitu adanya keterlambatan kemampuan motorik halus pada siswa siswi kelompok A2. dari permasalahan tersebut saya bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan kegiatan lipatan bertahap menggunakan media origamiJenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas TK kelompok A RA PSM Krowe, Lembeyan, Magetan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah bentuk penelitian yang dilakukan oleh seorang guru atau pelaku kegiatan pendidikan untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan secara empiris, sistematis, dan terkontrol dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencari solusi yang efektif untuk permasalahan yang dihadapi. Dalam PTK, terdapat tiga istilah penting, yaitu "penelitian," "tindakan," dan "kelas." Penelitian merujuk pada proses sistematis untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan pendekatan ilmiah dan mengumpulkan data secara terkontrol.bagian utama dari penelitian inni yaitu kegiatan melipat menggunakan media origami Orangtua dapat memberikan dukungan dan partisipasi aktif dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Mereka dapat menyediakan media atau peralatan yang sesuai untuk berlatih melipat di rumah. Orangtua juga dapat mendampingi anak saat berlatih melipat kertas, memberikan bantuan, dan memberikan pujian atas usaha anak. Menggunakan Media Menarik: Guru sebaiknya menggunakan media yang menarik dan disukai anak-anak saat mengajarkan kegiatan melipat. Misalnya, menggunakan kertas berwarna-warni atau bentuk-bentuk kertas menarik untuk menarik minat anak dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Motivasi dan Pujian: Guru dapat memberikan motivasi dan pujian kepada anak selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:21
Last Modified: 13 Sep 2023 04:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item