INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (IESQ) SISWA DI MIN 4 MADIUN

Maghfiroh, Ulfa Ummul (2023) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (IESQ) SISWA DI MIN 4 MADIUN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah.pdf

Download (99kB)
[img] Text (Halaman Depan)
A HALAMAN DEPAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Tesis Full)
A TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Masalah degradasi akhlak generasi muda merupakan salah satu dampak negatif dari perkembangan arus globalisasi yang berkembang pesat. Salah satu upaya yang sangat berdampak pada proses perbaikan masalah tersebut adalah pendidikan akhlak. Pada era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat pesat ini, seseorang harus memiliki pribadi yang berakhlak mulia/terpuji agar dapat menyikapi dengan benar dan tidak mudah terpengaruh arus perkembangan zaman Salah satu program unggulan MIN 4 Madiun yang diterapkan untuk menanamkan dan meningkatkan pendidikan akhlak siswa dalam meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual siswa adalah dengan program pembiasaan pagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak,strategi dan dampak dari internalisasi pendidikan akhlak melalui program pembiasaan pagi dalam meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional maupun spiritual (IESQ) siswa di MIN 4 Madiun. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Nilai pendidikan akhlak yang diinternalisasikan di MIN 4 Madiun antara lain nilai akhlak kepada Allah, nilai akhlak pada sesama manusia dan nilai akhlak kepada lingkungan (2) Strategi internalisasi nilai pendidikan akhlak melalui program pembiasaan pagi di MIN 4 Madiun diinternalisasikan lewat strategi pergaulan, strategi melalui keteladanan dan strategi melalui pengamalan. (3) Dampak internalisasi nilai pendidikan akhlak melalui program pembiasaan pagi terbagi menjadi: Kecerdasan intelektual yaitu: aspek kemampuan verbal, siswa memiliki banyak khasanah pengetahuan kosakata dalam bahasa; aspek kemampuan penalaran analitis, siswa memiliki kesadaran untuk menerapkan materi pembiasaan pagi dalam kehidupannya; Aspek kemampuan memori, siswa semakin terbiasa dan mudah dalam mengingat materi pembiasaan; Kecerdasan emosional yaitu: meningkatkan kemampuan untuk menahan diri dan bersabar, lebih mengenali kelebihan/kemampuan dirinya masing-masing, lebih bisa memahami dan menyikapi gejolak emosi nya sendiri; serta bagi Kecerdasan spiritual yaitu: memiliki sikap taat pada bapak/ibu guru, memiliki kesadaran ibadah rutin sholat 5 waktu, memiliki sikap disiplin, memiliki wawasan terkait nilai-nilai pendidikan akhlak baik dalam islam maupun dalam budaya jawa khususnya bahasa jawa halus, menggunakan waktu dengan kegiatan positif, memiliki jiwa saling tolong menolong dan saling mengingatkan.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Pendidikan Akhlak, Pembiasaan Pagi, IESQ
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:53
Last Modified: 14 Sep 2023 07:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item