Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Hasil Belajar Daring Terhadap Motivasi Belajar Luring Siswa Pasca Pandemi Pada Mata Pelajaran Pai Di SMPN 2 Pilangkenceng

Sholikin, Rizkio (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Hasil Belajar Daring Terhadap Motivasi Belajar Luring Siswa Pasca Pandemi Pada Mata Pelajaran Pai Di SMPN 2 Pilangkenceng. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (317kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
cover.pdf

Download (947kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
thesis rizkio FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pilangkenceng merupakan sekolah menengah atas yang sangat memperhatikan kemajuan dan kenyamanan proses belajar mengajar pada siswa, apalagi setelah pandemi covid 19. Pandemi covid 19 sangat mempengaruhi kesetabilan bagi berbagai kalangan, terutama pada dunia pendidikan. Banyak imbas negatif yang terjadi pada diri peserta didik, diantaranya motivasi belajar turun dan kecanduan gadget. Dengan demikian sangat penting peran guru untuk memotivasi siswa agar semangat belajar dan tidak tergantung pada pembelajaran daring. Karena sangat penting untuk membangun kembali minat belajar offline pada siswa terutama siswa di SMPN 2 Pilangkenceng. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui apakah pengalaman pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar luring, kemudian untuk mengetahui hasil belajar daring berpengaruh terhadap motivasi belajar luring siswa dan untuk mengetahui apakah pengalaman belajar daring dan hasil belajar daring berpengaruh terhadap motivasi belajar luring siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pilangkenceng. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian berupa pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan keadaan dan kejadian sekarang. Melaporkan keadaan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Tujuan metode deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Berdasarkan pembahasan yang ada, maka hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar secara luring siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pilangkenceng, dibuktikan dari perbandingan antara t hitung > t tabel (13.743> 1.65993) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, semakin tinggi intensitas atau semakin sering pembelajaran daring, maka semakin rendah motivasi belajar secara luring siswa. Hasil belajar daring berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar secara luring siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pilangkenceng dibuktikan dari Perbandingan antara t hitung > t tabel (6.145> 1.65993) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, semakin tinggi Hasil Belajar Siswa, maka semakin rendah Motivasi Belajar secara Luring Siswa. Pembelajaran daring dan hasil belajar daring berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar secara luring siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Pilangkenceng dibuktikan dari perolehan nilai F hitung (200.578) > F tabel (3.05) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Pembelajaran daring dan hasil belajar memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar adalah 71.6% sedangkan sisanya 27.4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kata kunci: pembelajaran daring, motivasi belajar luring, hasil belajar daring

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, motivasi belajar luring, hasil belajar daring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:56
Last Modified: 15 Sep 2023 08:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12795

Actions (login required)

View Item View Item