Massaid, Anisyatul Muthiah (2023) UPAYA PENINGKATAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Izin Unggah Karya Ilmiah)
Surat Izin Unggah Anisyatul.pdf Download (92kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEKS)
FULL TEXT_SKRIPSI-ANISYATUL MUTHIAH MASSAID.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu wadah untuk mengembangkan potensi siswa. Kegiatan ini juga dapat memberikan dampak yang positif dalam penguatan pendidikan karakter, salah satunya adalah karakter percaya diri. Karena, rasa percaya diri ini dapat mendorong siswa untuk mengembangkan bakat dan minat siswa secara alamiah. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan upaya peningkatan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci di SDMT Ponorogo, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci di SDMT Ponorogo di SDMT Ponorogo dan (3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SDMT Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penyusunan dan pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) upaya peningkatan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di SDMT Ponorogo ditingkatkan dengan memberikan motivasi dan penguatan mental siswa, memastikan siswa menguasai materi dan jurus-jurus yang telah dipelajari dan melatih siswa untuk praktek langsung; (2) hasil penngkatan karakter percaya diri melalui kegiatan ekstrakurikuler tapak suci yaitu: a) siswa terbiasa menjadi pemimpin, b) siswa berani berusara dengan lantang di depan umum , c) meningkatnya fokus siswa, d) siswa menjadi lebih disiplin, e) meningkatnya kemampuan bersosialisasi siswa, dan f) meningkatnya ketrampilan berbicara siswa: dan (3) faktor pendukung peningkatan karakter percaya diri yaitu konsep diri, harga diri, pengalaman dan pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu animo dari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Tapak Suci dan karakter bawaan siswa. Selain itu faktor yang juga sangat mempengaruhi peningkatan karakter percaya diri siswa melalui kegiatan ekstrakuler tapak suci ini yaitu adalah dukungan dan motivasi dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Percaya Diri, Ekstrakurikuler Tapak Suci |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:45 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:45 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12797 |
Actions (login required)
View Item |