Wiratama, Rifqy Adhi, Wahyudi, Wahyudi and Nurhidayah, Dwi Avita (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika "Alamat" Pada Materi Peluang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (199kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP IT Al-Inabah berupa media pembelajaran matematika “Alamat” pada materi peluang. Media pembelajaran ini telah dinyatakan mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari matematika khususnya pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan jenis Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penilaian terhadap produk dilakukan dengan dua acara yaitu yang pertama penilaian dari ahli materi dan media, yang kedua dengan cara pengisian angket kepraktisan berupa respon siswa dan respon guru serta angket keefektifan yang berupa angket minat belajar siswa. Penilaian ahli media dan ahli materi didapat dari pengisian angket untuk mengetahui tingkat kevalidan dari media dan materi yang dihasilkan, sedangkan penilaian kepraktisan didapat dari angket respon siswa dan guru untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan untuk penilaian keefektifan dari media pembelajaran matematika “Alamat” didapat dari angket minat belajar. Dalam uji coba yang dilakukan peneliti, didapatkan nilai kevalidan media, nilai kepraktisan media, dan nilai keefektifan media. Adapun hasil nilai validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi adalah 78% yang masuk kategori “valid” dan validator ahli media adalah 81% yang masuk kategori “valid”. Selanjutnya pada hasil nilai kepraktisan media yang diperoleh dari pengisian angket kepraktisan respon siswa yang didapatkan nilai 88% yang masuk dalam kualifikasi “sangat praktis” dan hasil dari pengisian angket kepraktisan respon guru yang didapatkan nilai 73% yang masuk dalam kualifikasi “praktis”. Sedangkan untuk hasil data nilai keefektifan dari pengisian angket minat belajar diukur menggunakan skala Guttman yang diperoleh hasil dari koefisien reprodusibilitas sebesar 0,92 dan koefisien skalabilitas sebesar 0,64, yang mana hasil tersebut berada dalam kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran "Alamat", Peluang, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 04:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 04:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12814 |
Actions (login required)
View Item |