TRANSFORMASI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0

Primarni, Amie, Sugito, Sugito, Yahya, M. Daud, Fauziah, Nurul and Arifin, Syamsul (2022) TRANSFORMASI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1). 1177 -1192. ISSN P-ISSN: 2614-4018 | E-ISSN: 2614-8846

[img] Text
9.1 Turnitin-TRANSFORMASI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM PADA PONDOK PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/...

Abstract

Penelitian ini memiliki 5 (lima) latar belakang masalah, yaitu pertama, problematika pendidikan Islam pada pondok pesantren senantiasa dinamis. Kedua, problematika pendidikan Islam pada pondok pesantren berakar dari filosofi pendidikan Islam. Ketiga, dekonstruksi dan rekonstruksi filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren urgen dilakukan. Keempat, transformasi filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren perlu dirumuskan dan dipetakan. Kelima, belum adanya penelitian yang memfokuskan pada transformasi filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0. Pendidikan Islam di pondok pesantren sebagai bagian dari way of life atas segala problematika kehidupan masyarakat, harus melakukan proses transformasi filosofi pendidikan Islam, sehingga rumusan pendidikan Islam pondok pesantren dapat menjawab segala bentuk tantangan yang ada pada Era Society 5.0. Untuk itu, urgen rasanya mengkaji tentang transformasi filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0. Penelitian pustaka ini menggunakan pendekatan filsafat pendidikan Islam, Islam interdisipliner, dan ilmu pendidikan Islam dengan metode pengumpulan data dokumentasi terhadap jurnal, buku, dan majalah yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0 harus mengacu pada terma pendidikan Islam yang secara khusus tidak hanya mengajarkan ilmu agama Islam, akan tetapi juga mencakup ilmu umum dalam rangka menjawab tantangan pendidikan Islam yang ada pada Era Society 5.0. Filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0 harus dikembalikan kepada filosofi manusia sebagai makhluk materiil dan immateriil, sehingga filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren harus dikembalikan pada pengembangan aspek fisik dan non fisik secara holistik dan simultan. Tipologi filosofi pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0 harus meninggalkan tipologi filosofi pendidikan Islam dikotomis serta mengacu pada tipologi filosofi pendidikan Islam sistemik, sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan Islam secara komprehensif. Adapun tujuan filosofis pendidikan Islam pada pondok pesantren di Era Society 5.0 harus dikembalikan pada tujuan individual, sosial, dan profesional, sehingga mampu menghasilkan lulusan pendok pesantren yang berkarakter baik serta memiliki landasan pendidikan formal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Filosofi Pendidikan Islam; Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:03
Last Modified: 25 Oct 2023 08:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item