IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NAHDHOTUT THOLIBIN MASJID JAMI’ PILANGREJO SURODIKRAMAN PONOROGO

Rochman, Azis Nur, Susanto, Happy and Tajab, Muh (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NAHDHOTUT THOLIBIN MASJID JAMI’ PILANGREJO SURODIKRAMAN PONOROGO. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 5 (1). pp. 26-32. ISSN ISSN 2655-7949(Online)

[img] Text
13 cp_jurnal IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbaw...

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam yang banyak mengajarkan kebaikan. Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, agar anak dapat membaca, memahami, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidup mereka. Oleh karena itu, hendaknya diterapkan sejak dini kepada anak, sebagaimana yang telah dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari kegiatan implementasi pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo adalah anak-anak lebih fokus dan semangat dalam proses pembelajaran, berperilaku positif dan secara bertahap mampu menerapkan adab dalam kehidupan sehari-hari, mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan lain-lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kegiatan pembelajaran, AL-Qur'an, Taman Pendidikan Al-Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:15
Last Modified: 01 Nov 2023 06:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item