Pengaruh Pupuk Kimia Jenis Urea Terhadap Laju Korosi Plat Besi

wahid, khoirul nur (2024) Pengaruh Pupuk Kimia Jenis Urea Terhadap Laju Korosi Plat Besi. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
surat persetujuan unggah karya ilmiah khoirul nur wahid 17511197.pdf

Download (588kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Judul.pdf

Download (902kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 .pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka .pdf

Download (313kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Naskah khoirul Nur wahid 17511197 teknik mesin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Korosi merupakan suatu musuh besar Korosi merupakan kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi dengan lingkungan yang korosif. Korosi dapat juga diartikan sebagai serangan yang merusak logam karena logam bereaksi secara kimia atau elektrokimia dengan lingkungan. Korosi atau secara awam lebih dikenal dengan istilah pengkaratan merupakan fenomena kimia pada bahan-bahan logam diberbagai macam kondisi lingkungan. Penyelidikan tentang sistim elektrokimia telah banyak membantu menjelaskan mengenai korosi ini, yaitu reaksi kimia antara logam dengan zat-zat yang ada di sekitarnya atau dengan partikel-partikel lain yang ada di dalam matrik logam itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental, yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menguji benda kerja dan plat besi pada rendaman larutan pupuk urea dan mengetahui nilai laju korosi dengan variasi larutan dan hasil pengamatan Microskop Makro. Dari hasil analisa dan perhitungan yang di dapat saat penelitian, mendapatkan hasi laju korosi sebagai berikut pada larutan 0 % Pupuk Urea 100% Air Aquades mendapatkan hasil laju korosi 0,3448 mmpy, kemudian pada larutan 50 % Pupuk Urea 50 % Air Aquades mendapatkan hasil laju korosi 0,5517 mmpy, pada larutan 60 % Pupuk Urea 40 % Air Aquades mendapatkan hasil laju korosi 0,6896 mmpy, pada larutan 80 % Pupuk Urea 20 % Air Aquades mendspatkan hasil laju korosi 1,0344 mmpy, kemudian pada larutan 100 % Pupuk Urea 0 % Air Aquades mendapatkan hasil laju korosi 1,1379 mmpy. Maka dapat di ambil kesimpulan bahwa seiring bertambahnya waktu perendaman dan semakin pekat larutan maka, terjadi peningkatan laju korosi hal ini dapat teridentifikasi pupuk urea termasuk larutan yang cukup korosif. Pada pengamatan mikroskop makro terlihat bahwa permukaan plat besi gerobak sorong (artco) yang terkena larutan 100 % pupuk urea timbul korosi yang cukup merata di banding percampuran larutan yang lainya, dan dapat di simpulkan menjadi korosi merata. Kata Kunci : Korosi, Pupuk Urea, Perlakuan Panas, Laju Korosi, Kehilangan Berat, Pengamatan Makro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Korosi, Pupuk Urea, Perlakuan Panas, Laju Korosi, Kehilangan Berat, Pengamatan Makro.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:24
Last Modified: 01 Mar 2024 08:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item View Item