KASTURI, EDI (2024) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
surat persetujuan unggah karya.pdf Download (236kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
EDI KASTURI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo Oleh: Edi Kasturi 22632214 Permasalahan yang banyak dikeluhkan pasien terkait pelayanan rawat jalan adalah waktu tunggu. Pemerintah menetapkan minimal waktu tunggu rawat menit. Lamanya waktu tunggu dapat berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo sebesar ± 250 pasien/hari. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo yang diambil secara purposive sampling sebanyak 71 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah waktu tunggu dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Analisa data yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden menyatakan waktu tunggu di Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo adalah lambat (>60 menit) sebanyak 40 orang (56,34%) dengan rata-rata waktu tunggu pelayanan adalah 71 menit. Sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo sebanyak 37 orang (52,11%). Hasil analisa data didapatkan hubungan yang signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo (p = 0,000) dengan kekuatan hubungan yang moderat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien Rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Lamanya waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo disebabkan tingginya perbandingan rasio dokter dan pasien, jumlah kuota antrian online yang terbatas, dokter datang terlambat dan lamanya pelayanan obat racikan. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1 |
Depositing User: | fik . userfik |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:37 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13373 |
Actions (login required)
View Item |