HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO

KASTURI, EDI (2024) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (236kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
EDI KASTURI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo Oleh: Edi Kasturi 22632214 Permasalahan yang banyak dikeluhkan pasien terkait pelayanan rawat jalan adalah waktu tunggu. Pemerintah menetapkan minimal waktu tunggu rawat menit. Lamanya waktu tunggu dapat berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo sebesar ± 250 pasien/hari. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo yang diambil secara purposive sampling sebanyak 71 orang. Variabel bebas penelitian ini adalah waktu tunggu dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Analisa data yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden menyatakan waktu tunggu di Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo adalah lambat (>60 menit) sebanyak 40 orang (56,34%) dengan rata-rata waktu tunggu pelayanan adalah 71 menit. Sebagian besar responden menyatakan puas terhadap pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo sebanyak 37 orang (52,11%). Hasil analisa data didapatkan hubungan yang signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo (p = 0,000) dengan kekuatan hubungan yang moderat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien Rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Lamanya waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di RSU Muhammadiyah Ponorogo disebabkan tingginya perbandingan rasio dokter dan pasien, jumlah kuota antrian online yang terbatas, dokter datang terlambat dan lamanya pelayanan obat racikan. Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pasien Rawat Jalan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:37
Last Modified: 04 Mar 2024 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item