PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKn DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN PONOROGO

WA, MUNA (2024) PENGUASAAN KOMPETENSI GURU PKn DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT UNGGA KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGA KARYA ILMIAH.pdf

Download (356kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKIRIPSI FULL TEXT)
SKIRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wa Muna. Penguasaan Kompetensi Guru PKn Dalam Membentuk Karakter disiplin Siswa Pada Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Drs. Sunarto, M.Si, Pembimbing II Dr. Ardhana Januar Mahardhani, M.KP Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penguasaan kompetensi guru PKn dalam membentuk karakter disiplin siswa pada Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Kabupaten Ponorogo, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa pada Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data diolah dengan menggunakan teknik analisis data berupa deskriptif. Lokasi penelitian pada Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Kabupaten Ponorogo yaitu MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, MA Muhammadiyah 2 Yanggong, MA Muhammadiyah 3 Jetis, MA Muhammadiyah 4 Beton, MA Muhammadiyah 5 Pulung, MA Muhammadiyah 7 Bungkal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguasaan kompetensi guru PKn memiliki peran penting dalam membentuk karakter disiplin siswa dalam penguasaan kompetensi pertama; keterampilan komunikasi guru dalam menyampaikan nilai-nilai kedisiplinan secara efektif. Guru yang mampu mengkomunikasikan norma-norma disiplin secara jelas dan persuasif cenderung berhasil membentuk karakter disiplin siswa. Kedua; penggunaan metode pengajaran yang relevan dan menarik. Guru PKn mampu memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa, seperti diskusi, atau permainan peran, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga; dukungan lingkungan sekolah yang kondusif. Keberhasilan guru PKn dalam membentuk karakter disiplin siswa juga bergantung pada lingkungan sekolah, rekan kerja, dan faktor lingkungan lainnya. 2) Faktor pendukung antara lain kemampuan guru PKn dalam membangun komunikasi terbuka dengan siswa, memahami akar permasalahan, dan mengajarkan nilai-nilai kewarganegaraan seperti tanggung jawab, disiplin dan kerjasama. Pendekatan konstruktif terhadap sanksi, peran konselor, dan keterlibatan orang tua juga merupakan elemen penting. Selain itu, penerapan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, dan membangun hubungan kolaboratif dengan seluruh pemangku kepentingan. Faktor penghambatnya antara lain tanggung jawab guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, memberikan feedback yang positif dan suportif serta memahami kebutuhan individu siswa, memberikan tanggung jawab kepada siswa, peran guru sebagai pendengar yang baik, dan memahami kebutuhan individu siswa juga menjadi kunci dalam mengatasi pelanggaran tata tertib. Kata Kunci: kompetensi, Guru PKn, Disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kompetensi, Guru PKn, Disiplin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:41
Last Modified: 07 Mar 2024 06:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item