Hardianti, Hardianti (2024) PENANAMAN NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DI RA ‘AISYIYAH KERTOSARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGA KARYA ILMIAH.pdf Download (357kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (849kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (SKIRIPSI FULL TEXS)
SKIRIPSI FULL TEXS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSRTAK Hardianti. 2024. Penanaman Nilai Religius Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Karakter Jujur Di Ra ‘Aisyiyah Kertosari. Skripsi. Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Syarifan Nurjan, M.A, (2) Nurtina Irsad Rusdiani, M.Pd Penanaman nilai religius merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua dan sekolah. Ajaran Islam menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai agama sejak anak masih dalam kandungan, dan intensitasnya perlu ditingkatkan setelah anak lahir. Proses ini dapat dimulai dari keluarga, di mana suasana yang mendukung dalam proses pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai religius. Penelitian ini berfokus pada penanaman nilai religius yang berbasis kejujuran di sekolah RA ‘Aisyiyah Kertosari. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu cara yang peneliti gunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti berperan sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara gabungan atau triangulasi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa penanaman nilai religius anak di RA ‘Aisyiyah kertosari baik didikan yang ditanamkan sekolah dalam hal ini guru terlebih orang tua dirumah memiliki moteode yang sama atau sinkron yaitu melakukan pembiasaan-pembiasaan yang positif dengan mengajarkan salam ketika bertemu orang dan metode cerita yang berbasis cerita islami. Kata Kunci: nilai religius, anak usia dini, karakter jujur
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: nilai religius, anak usia dini, karakter jujur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:49 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13504 |
Actions (login required)
View Item |