Yoviyanti, Rifkah, Wahyudi, Wahyudi, Suhendar, Uki and Zuraidah, Zuraidah (2024) THE EFFECTIVENESS OF PEER TUTORING ON STUDENT'S UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS. JP2-Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 6 (3). pp. 1-11. ISSN 2641-3895
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
persetujuan unggah karya.pdf Download (463kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HAL DEPAN-RIFKAH YOVIYANTI.pdf Download (754kB) |
|
Text (ARTIKEL ILMIAH FULL TEXT)
Artikel TA RIFKAH YOVIYANTI.pdf Download (749kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
REFERENCES-RIFKAH YOVIYANTI.pdf Download (352kB) |
Abstract
A B S T R A K Rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang menarik siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis efektifitas penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest. Populasi penelitian mencakup siswa siswi Sanggar Bimbingan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konsep matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independen sampel T-test, karena data bersifat normal. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan metode tutor sebaya lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penggunaaan metode tutor sebaya lebih efektif diterapkan pada pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Oleh karena itu, metode tutor sebaya lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran peer tutor yang sangat berguna khususnya bagi guru yang dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. ABSTRACT The low understanding of students in mathematics is due to the need for more use of learning methods that attract students to participate in learning well. The research aims to analyze the effectiveness of using peer tutoring learning methods on students' ability to understand mathematical concepts. This research is a quasi-experimental research with a Pretest-Posttest research design. The research population includes students from the Guidance Studio. Data collection methods use observation and tests. The research instrument includes a test of understanding mathematical concepts. Data analysis in this study used an independent sample T-test because the data is normal. The analysis results show that the increase in the ability to understand mathematical concepts for students who apply the peer tutoring method is better than those who use conventional learning. The peer tutoring method is more effectively applied in mathematics learning towards students' understanding of mathematical concepts. Therefore, peer tutoring is more effective in improving students' understanding of mathematical concepts in the classroom learning process. This research implies that applying the peer tutor learning method is very useful, especially for teachers, which can be used as an alternative learning method in schools to improve students' understanding of mathematical concepts.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Tutor, Understanding Concepts, Mathematics |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:42 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13612 |
Actions (login required)
View Item |