GEOMETRY POP-UP BOOK LEARNING MEDIA IN INCREASING UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF BUILDING SPACE IN STUDENTS

Aulia Eka Apriliana, Aisyah, Avita Nurhidayah, Dwi and Wahyudi, Wahyudi (2024) GEOMETRY POP-UP BOOK LEARNING MEDIA IN INCREASING UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF BUILDING SPACE IN STUDENTS. GEOMETRY POP-UP BOOK LEARNING MEDIA IN INCREASING UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF BUILDING SPACE IN STUDENTS, 7 (4). pp. 1-7. ISSN 2549-6050

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
Surat Persetujuan Unggah Karya.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (174kB)
[img] Text (Artikel)
ARTIKEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LoA)
LOA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (Artikel Full Text)
Artikel Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/art...

Abstract

Pemanfaatan media dalam proses belajar sangat membantu kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media dalam proses belajar mempermudah peserta didik dalam mengerti dan mengetahui pembelajaran yang diberikan. Namun apabila tidak memanfaatkan media dalam proses belajar, siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan belajar karena penyampaian materi kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book Of Geometry terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas. Pendekatan Kuantiatif dengan metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV ICC Pahang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t-test sampel related untuk menguji hipotesis. Hasil analisis ketuntasan belajar pada nilai rata – rata pretest 43,61 dan posttest 77,78. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh terdapat pengaruh media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geometry, Learning Media, PUBG
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:37
Last Modified: 20 Mar 2024 03:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item