PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi pada Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo)

ANUGRAH TAMA, ERZAL (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi pada Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (647kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
10. Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RINGKASAN PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi pada Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo) Erzal Anugrah Tama Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan dana desa menegaskan pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa di Indonesia. Peraturan ini dikeluarkan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penggunaan dana desa, yang merupakan alokasi anggaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. Peraturan tersebut memberikan panduan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban penggunaan dana desa serta menetapkan mekanisme pengawasan dan pengendalian yang ketat. Asas akuntabilitas, keterbukaan, tanggung jawab, partisipasi publik, keadilan, efisiensi, dan efektivitas merupakan pilar utama dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ini memastikan tindakan pemerintah transparan, bertanggung jawab, dan menguntungkan seluruh masyarakat tanpa diskriminasi, dengan mengakomodasi partisipasi aktif masyarakat dalam proses keputusan. Prinsip ini juga mengharuskan pemerintah untuk memenuhi janji, patuh terhadap hukum, dan menggunakan sumber daya secara bijak, dengan evaluasi kinerja dan penyesuaian kebijakan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari akuntabilitas dan transparansi terhadap kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dengan teknik angket melalui skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan dana desa, transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan dana desa, serta Akuntabilitas dan transparansi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan dana desa di Desa Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Hasil koefsien determinasi menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat dengan kontribusi sebesar 85%. Kata kunci: Dana Desa, Akuntabilitas, Transparansi, Kepercayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:44
Last Modified: 21 Mar 2024 07:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item