WAHYU RATNA VIBRIAN, FITRIA (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs. DARUL FALAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Peran, Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain sebagai pemimpin (Leader) kepala sekolah harus bisa memajukan kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Untuk mencapai tujuan dan hasil yang memuaskan kepala sekolah harus pandai merancang strategi – strategi penunjang pembelajaran. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah di MTs. Darul Falah sukorejo Ponorogo?. Adapun pelaksanaan penelitian ini di MTs. Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Sumber data adalah kepala sekolah, guru dan siswa MTs. Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena peneliti langsung menggali data dilapangan. Bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah dengan lokasi penelitian di MTs. Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Hasil dari penelitian peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah di MTs. Darul Falah Sukorejo Ponorogo diketahui bahwa kepala sekolah memiliki peran sebagai berikut: kepala sekolah sebahai evaluator, kepala sekolah sebagain pemimpin, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai inovator, kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah sebagai manajer, dan kepala sekolah sebagai administator. Kepala sekolah dapat berperan langsung dan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengutamakan kurikulum pembelajaran untuk menunjang prestasi siswa semakin unggul. Selain itu, kepala sekolah juga mendukung semua kegiatan siswa yang dapat meningkatkan mutu pendidikan serta mengutamakan kedisiplinan sehingga semua kegiatan dan proses pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik.Hal ini dapat dilihat dari tibdakan kepala sekolah yang mewajibkan seluruh guru untuk dapat memenuhi segala perlengkapan pembelajaran dan administrasi. Kepala sekolah juga aktif memonitoring segala kegiatan proses pembelajaran maupun segala urusan administrasi, selain itu kepala sekolah melakukan evaluasi mingguan dan bulanan yang membahas tentang peningkatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 03:08 |
Last Modified: | 17 Nov 2015 03:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1375 |
Actions (login required)
View Item |