EDUKASI KESEHATAN (VIDEO ANIMASI DAN BOOKLET) PADA PASIEN CVA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PENGETAHUAN Di Ruang Ahmad Dahlan RSU Muhammadiyah Ponorogo

Puspita, Melania Dila, Sukamto, Filia Icha and Purwanti, Lina Ema (2022) EDUKASI KESEHATAN (VIDEO ANIMASI DAN BOOKLET) PADA PASIEN CVA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN DEFISIT PENGETAHUAN Di Ruang Ahmad Dahlan RSU Muhammadiyah Ponorogo. Health Sciences Jurnal ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 6 (2). pp. 75-85. ISSN ISSN2598-1188 (Print) ISSN2598-1196(Online)

[img] Text
7b-Edukasi Kesehatan (Video Animasi Dan Booklet) Pada Pasien CVA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/HSJ/ar...

Abstract

Edukasi kesehatan merupakan hal penting untuk mengubah gaya hidup yang kurang sehat. Pemberian edukasi kesehatan dengan menyediakan media materi dalam bentuk booklet maupun video animasi. Tujuan dari pengambilan studi kasus ini untuk mengetahui asuhan keperawatan pada pasien CVA dengan masalah keperawatan defisit pengetahuan. Asuhan keperawatan pada pasien CVA dengan masalah keperawatan defisit pengetahuan di ruang Ahmad Dahlan RSU Muhammadiyah Ponorogo selama 3 hari pada tanggal 09-11 Mei 2022. Metode yang digunakan adalah proses keperawatan meliputi pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi, dan evaluasi keperawatan. Hasil pengkajian didapatkan bahwa Tn. K jarang memeriksakan tekanan darahnya, menganggap tekanan darahnya tinggi karena faktor usia, perokok aktif, Tn. K dan keluarga juga tidak paham dengan penyakit CVA. Dari analisa tersebut didapatkan diagnosa defisit pengetahuan berhubungan dengan kurang informasi ditandai dengan pasien memiliki persepsi yang keliru terhadap penyakitnya, dilakukan intervensi yaitu edukasi kesehatan dan promosi kesiapan penerimaan informasi. Tindakan keperawatan yang bisa diberikan dengan cara menyediakan materi dan media pendidikan kesehatan. Hasil evaluasi yang didapatkan setelah dilakukan edukasi kesehatan dan promosi kesiapan penerimaan informasi diharapkan pasien dan keluarga paham, mampu mengulang materi yang sudah diberikan, mengubah pola hidupnya agar mencegah terjadinya CVA berulang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan, CVA, Defisit Pengetahuan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:32
Last Modified: 04 Apr 2024 03:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item