KOMPRES BAWANG MERAH EFEKTIF MENURUNKAN NYERI SENDI PADA PENDERITA ASAM URAT (GOUT ARTHRITIS) DI DESA JONGGOL, JAMBON PONOROGO

Aisah, Eka Nur, Nurhidayat, Saiful and Isro’in, Laily (2022) KOMPRES BAWANG MERAH EFEKTIF MENURUNKAN NYERI SENDI PADA PENDERITA ASAM URAT (GOUT ARTHRITIS) DI DESA JONGGOL, JAMBON PONOROGO. Dinamika Kesehatan:Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 12 (2). pp. 302-312. ISSN ISSN 2086-3454 (print) | ISSN 2549-4058 (online)

[img] Text
9 cp_Kompres Bawang.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.ph...

Abstract

Latar belakang: bawang merah memiliki senyawa aktif flavonoid yang bersifat antiinflamasi atau anti radang dan senyawa aktif kaemferol memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pereda nyeri). Nyeri sendi pada penderita gout artritis terjadi karena adanya pengendapan kristal monosodiumurat yang terakumulasi di dalam sendi akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dan tidak ada pengobatan akan mengakibatkan artritis gout kronis sehingga terjadi kelumpuhan karena urin terasa kaku dan tidak dapat ditekuk lagi. Tujuan: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kompres bawang merah terhadap penurunan nyeri sendi pada penderita asam urat (gout arthritis) di desa jonggol jambon ponorogo. Metode: penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Mei sampai dengan 12 Juni. Desain penelitian pra eksperimen one group pre-post test. Jumlah sampel sebanyak 39 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan instrumen yang digunakan numerical rating scales dan analisa data dengan uji statistik wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nyeri sebelum 4,82 dan rata-rata nyeri sesudah kompres bawang merah adalah 3,46 dengan nilai p value (asymp. Sig 2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05) yang berarti kompres bawang merah efektif untuk menurunkan nyeri sendi akibat asam urat. Simpulan: penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi responden dalam melakukan perawatan nyeri sendi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bawang merah, nyeri, asam urat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:09
Last Modified: 04 Apr 2024 06:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item