Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati pada Kelompok B di RA Perwanida XXV Bulukerto

FITRIANI, RINA (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati pada Kelompok B di RA Perwanida XXV Bulukerto. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (405kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan Skripsi.pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (500kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (560kB)
[img] Text (Lampiran)
Bagian Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX FULL WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rina Fitriani, Skripsi Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati pada Kelompok B di RA Perwanida XXV Bulukerto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing Dr. Syarifan Nurjan, M.A dan Pembimbing II Muhammad ‘Azam Muttaqin, M.Pd Penelitian di RA Perwanida XXV pada kelompok B di Bulukerto di latar belakangi oleh kemampuan membaca huruf hijaiyah yang belum maksimal, sebagian besar anak-anak kesulitan dalam membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir memiliki kesamaan dan masih kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah secara acak. Kurangnya ketertarikan anak dalam membaca huruf hijaiyah dan metode guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah yang kurang menarik, mendorong penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode tilawati pada anak kelompok B di RA Perwanida XXV Bulukerto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian dengan menggunakan penelitian PTK yang meliputi penetapan fokus permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, yang di ikuti dengan kegiatan observasi, interprestasi dan analisis, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila anak dengan kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan metode tilawati pada kriteria sangat baik sudah mencapai presentase ≥76%. Dari hasil selama penelitian kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode tilawati pada kelompok B di RA Perwanida Bulukerto dapat ditingkatkan. Keberhasilan peningkatan tersebut dilakukan peneliti dengan beberapa langkah yaitu : menyiapkan media peraga tilawati dan kelengkapan lainnya, memberi contoh pembelajaran metode tilawati pada jilid 1, membaca bersama-sama dengan teknik klasikal ataupun memberi peluang pada anak untuk membaca satu persatu, selalu mendampingi dan memotivasi anak yang masih kesulitan membaca huruf hijaiyah, membangun komunikasi guru dan anak agar terjalin dengan baik. Peningkatan hasil penelitian dapat dilihat dari hasil tindakan ke siklus I dan siklus II pada kriteria sangat baik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya pada pra tindakan sebesar 12,5%,siklus I sebesar 43,75% dan siklus II sebesar 81,25%. Kata Kunci: Kemampuan membaca huruf hijaiyah, metode tilawati ABSTRACT Rina Fitriani, Thesis on Efforts to Improve the Ability to Read Hijaiyah Letters Using the Tilawati Method in Group B at RA Perwanida XXV Bulukerto Early Childhood Education Teacher Education Muhammadiyah University Ponorogo, Supervisor Dr. Syarifan Nurjan, M.A and Supervisor II Muhammad 'Azam Muttaqin, M.Pd The research at RA Perwanida XXV in group B in Bulukerto was based on the fact that their ability to read hijaiyah letters was not optimal, most of the children had difficulty distinguishing hijaiyah letters which had almost the same shape and still had difficulty reading hijaiyah letters randomly. The lack of children's interest in reading hijaiyah letters and the teacher's less interesting method of introducing hijaiyah letters prompted this research to improve the ability to read hijaiyah letters using the tilawati method for group B children at RA Perwanida XXV Bulukerto. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The research implementation procedure uses PTK research which includes determining the focus of the problem, action planning, action implementation, which is followed by observation, interpretation and analysis activities, as well as reflection. Data collection techniques using observation and tests. Meanwhile, the data analysis technique used in this classroom action research uses descriptive qualitative and quantitative. The indicator of success in this study is said to be successful if the child's ability to read hijaiyah letters using the tilawati method on very good criteria has reached a percentage of ≥76%. From the results during the research, the ability to read hijaiyah letters using the tilawati method in group B at RA Perwanida Bulukerto can be improved. The success of this increase was carried out by researchers using several steps, namely: preparing tilawati demonstration media and other equipment, giving examples of learning the tilawati method in volume 1, reading together with classical techniques or giving children opportunities to read one by one, always accompanying and motivating children who still have difficulty reading hijaiyah letters, build communication between teachers and children so that it is good. The increase in research results can be seen from the results of the actions in cycle I and cycle II in the very good criteria, which increased in each cycle in pre-action by 12.5%, cycle I by 43.75% and cycle II by 81.25%. Keywords: Ability to read hijaiyah letters, tilawati method

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:02
Last Modified: 17 Apr 2024 03:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item View Item