ANALISIS PENERAPAN SISTEM JUST IN TIME DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus CV. Lumbung Indonesia di Ponorogo)

FITRI NURLIZA, YULIA (2024) ANALISIS PENERAPAN SISTEM JUST IN TIME DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus CV. Lumbung Indonesia di Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Pernyataan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Pernyataan Unggah Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan adalah meningkatkan efisiensi biaya persediaan bahanbaku. Perusahaan harus mampu merencanakan dan mengendalikan persediaan bahanbaku perusahaan untuk menunjang keefektifan biaya bahanbakunya. Dengan memiliki perencanaan dan pengendalian yang baik, perusahaan akan terhindar dari masalah kelebihan dan kekurangan persediaan bahanbaku dalam menjalankan aktivitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode Just In Time pada CV. Lumbung Indonesia dan Mengetahui peran metode Just In Time di dalam meningkatkan efisiensi biaya produksi pada CV. Lumbung Indonesia. Metode penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dianalisis, selanjutnya dideskripsikan sehingga mudah dipahami orang lain. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Teknik analisis data dengan Perhitungan Jumlah pemesanan bahan baku dan total biaya berdasarkan kebijakan perusahaan, perhitungan jumlah pemesanan ekonomis (Q*) dengan metode EOQ,perhitungan jumlah pemesanan ekonomis (Q*) dengan metode JIT/EOQ, dan menghitung manfaat ekonomi berupa penghematan yang didapatkan oleh perusahaan jika perusahaan mampu menerapkan sistem Just In Time (JIT). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan pengendalian persediaan yang dilakukan perusahaan belum maksimal. terlihat kuantitas pembelian bahan baku berdasarkan kebijakan perusahaan sebesar 427 Kg sedangkan apabila menggunakan metode EOQ sebesar 87 Kg dan metode JIT/EOQ sebesar 20 Kg dengan biaya persediaan yang dikeluarkan berdasarkan kebijakan perusahaan sebesar Rp. Rp. 24.234.705,-. Apabila menggunakan metode EOQ total biaya persediaan bahan baku gula aren sebesar Rp. 18.098.136,- dan dengan metode JIT/EOQ sebesar Rp7.388.533. metode JIT/EOQ menunjukkan hasil yang lebih efisien dalam melakukan pengendalian persediaan serta dalam pengeluaran biaya produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Persediaan, Just In Time (JIT), Economic Order Quantity (EOQ)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:45
Last Modified: 19 Apr 2024 01:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item